Terbuka Peluang Warga Menjadi Pengawas Partisipatif Pemilu

-- --
Ketua Panwaskab Rembang Totok Suparyanto informasikan terbuka peluang masyarakat diakomodir turut mengawasi pemilu dan tersedia anggaran operasional
REMBANG - cbfmrembang.com, Jika sebelumnya tupoksi pengawasan pemilihan umum (pemilu) hanya ditangani lembaga adhoc mulai Bawaslu Pusat dan Provinsi, Panwaskot / Panwaskab, Panwascam serta PPL saja kini terbuka peluang warga ambil peran didalamnya. Bahkan tersedia anggaran bersumber APBN guna membiayaai operasional kegiatan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panwaskab Rembang Totok Suparyanto saat membuka acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di ruang pertemuan salah satu hotel setempat, Kamis (9/11).

Undangan terdiri perwakilan Ormas, LSM, Media dan Mahasiswa didorong agar tumbuh semangat ikut andil turut mengawasi jalannya pesta demokrasi lima tahunan baik pileg dan pilpres. 

Terkait pengawas independen atau partisipatif Totok Suparyanto menyebutkan bisa berasal dari Ormas, LSM, Media dan Mahasiswa dimana jumlahnya tak ada batasan dengan mekanisme terlebih dahulu mendaftar di Kantor Panwaskab yang seleksinya menunggu arahan dari Bawaslu Pusat. 

Lanjut Totok Suparyanto bahwasanya masyarakat bisa ambil peran secara resmi dalam pengawasan dikarenakan beban tugas yang menggunung mulai Bawaslu Pusat hingga PPL di tahun 2019 karena pileg dan pilpres dilaksanakan bersamaan satu paket kegiatan. Keterbatasan personel mestinya perlu dukungan dari masyarakat dan bersedia ambil peran menjadi pengawas partisipatif.

Ditambahkan, nominal anggaran dan tekhnis seleksi pengawas partisipatif memang belum ada kejelasan tetapi sosialisasi mesti dilakukan mulai kini untuk menumbuhkan animo masyarakat. 

Diharapkan saat nanti pendaftaran dibuka akan banyak peminatnya mengingat tak ada batasan jumlah personel yang bakal direkrut. ( Heru )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4138195836736244918

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::