Kelola Wisata Terapkan Konsep Bernilai Ekonomi

-- --
Hutan Mangrove di Rembang bisa dikembangkan jasa sarana ourbond
REMBANG-cbfmrembang.com, Pengelolaan obyek wisata  harus bisa menimbulkan dampak ekonomi, eco edu tourism merupakan konsep pemanfaatan dan pengelolaan potensi ekologi di pesisir baik ekosistem mangrove, terumbu karang, estuari dan pantai melalui pengembangan pariwisata bahari agar bernilai ekonomi sebagai sarana edukasi dan tetap lestari.

Dosen Departemen Tangkap Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip - Bogi Budi Jayanto mengungkapkan pada penyuluhan sosialisasi eco edu tourism di kawasan pesisir kabupaten Rembang, di Balai Dusun Kaliuntu, desa Pasarbanggi, kecamatan Rembang, baru-baru ini (16/12).

Budi Jayanto mengharapkan dengan adanya eco edu tourism, destinasi wisata tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi ada unsur pendidikan di dalamnya. Bentuknya melalui edu board (pemasangan poster-poster berisi informasi tentang ekologi, biota, ekosistem dan lain-lain) atau bisa juga dikembangkan jasa tour guide untuk menjelaskan tentang ekosistem mangrove kepada pengunjung.

Dosen yang sama Kukuh Eko Prihantoko mengatakan, setiap pengembangan area publik dipastikan ada dampaknya, maka diperlukan antisipasi melalui berbagai program salah satunya pengelolaan sampah. Misalnya dengan cara membuat bangunan ikonik berbahan sampah dari botol bekas. 

Sementara untuk obyek wisata hutan mangrove lanjut Kukuh Eko Prihantoko perlu dikembangkan program jasa outbond training dengan cara menyusun program outbond dengan sistem paket, mengedepankan interaksi wisatawan dengan warga setempat atau sumber daya alam di wilayah pesisir.

“,Saya contohkan, wisatawan bisa tinggal di rumah warga atau dibuat area camping ground dengan fasilitas pelengkap area bermain dan area pertambakan dengan kincir angin untuk spot area swafoto”, Pungkasnya.( Masudi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Pertanian 6075354437071384860

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::