Lebihi Batasan Tangkapan 6 Kapal Asal Rembang Ditangkap TNI AL

-- --
Kapal Cantrang

REMBANG-cbfmrembang.com, Sebelas kapal cantrang asal Kabupaten  Rembang dan Pati ditangkap oleh Kapal TNI AL Kelambu di perairan Pulai Lari-Larian Kabupaten KotabaruProvinsi Kalimantan Selatan. Atas kejadian ini anggota TNI AL dan perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan segera bertolak ke lokasi perkara guna melakukan negosiasi agar tak menjadi kasus hukum.

Komandan Pos TNI AL (Danposal) Rembang Lettu Laut Hartono membenarkan adanya penangkapan tersebut, dari sebelas kapal cantrang, enam unit berasal Rembang, sisanya milik warga Juwana Pati.Penangkapan terjadi pada Senin (11/12), ketika Kapal Kelambu milik TNI AL melakukan pemeriksaan terhadap beberapa kapal cantrang karena kedapatan sedang menangkap ikan di sekitar pulau Lari-Larian.

Disebutkan ada beberapa pelanggaran yang dilakukan diantaranya, gross tonnage (GT) yang dicantumkan tidak sesuai aslinya, semua kapal mencantumkan ukuran 29 GT, sedangkan setelah diperiksa lebih dari bobot tersebut. Surat izin penangkapan ikan juga tak sesuai dengan wilayah yang ditetapkan, seharusnya menangkap ikan di wilayah Jawa Tengah dan tak boleh lebih dari 12 mil namun melebihi batasan zonasi itu. 

Menurutnya sebelas kapal diamankan di Lanal Kota baru, dengan jumlah awak kapal sebanyak 195 orang ABK. Pihaknya bersama pemilik kapal dan perwakilan dari Dinlutkan setempat segera berangkat menuju Kotabaru melakukan koordinasi dengan Lanal Kotabaru, nelayan setempat dan instansi terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Ditambahkan, tengah diupayakan negosiasi penyelesaian masalah secara damai. Sebisa mungkin jangan sampai ke ranah hukum. (heru)

11 Kapal Cantrang yang ditangkap yaitu :

KM Setia Hati Abadi
Kapten: Suyadi
Asal: Rembang
Jumlah ABK: 18

KM Anugrah Jaya Abadi
Kapten: Nuzaidi
Asal: Rembang
Jumlah ABK: 18

KM Karya Bakti
Kapten: Manto
Asal: Rembang
Jumlah ABK: 18

KM Alfa
Kapten: Sukimin
Asal: Rembang
Jumlah ABK: 17

KM Mitra Mina Bahari

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8162133827321443408

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::