Panwascam Terapkan Aplikasi Pelaporan Online

-- --
Ketua Bawaslu Jateng Fajar Subkhi apresiasi sistem pelaporan online kreasi Panwaskab Rembang
REMBANG-cbfmrembang.com, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Rembang membuat terobosan aplikasi pelaporan kerja jajaran Panwascam secara online berbasis Android. Pengenalan metode kerja berbasis IT tersebut disosialisasikan pada hari Rabu (27/12) di aula lantai 4 Kantor Bupati Rembang. 

Komisioner Panwas Pemilu Kabupaten Rembang Divisi Penindakan Pelanggaran Amin Fauzi menyebutkan, penerapan aplikasi pelaporan online panwascam dibuat mudah digunakan dan bisa ditulis dari HP android. 

Laporan yang terkirim dipilah dalam dua jenis yaitu untuk internal yang terdokumentasikan khusus untuk jajaran pengawas dan eksternal ditujukan materi publikasi bagi masyarakat.

Demikian pula untuk input sambung Amin Fauzi, tak hanya dari panwascam namun warga juga dapat memanfaatkan untuk menyampaikan aduan atas dugaan pelanggaran pada pilkada. 

"Masyarakat dapat pula menyampaikan aduan melalui sistem online lewat www.panwaskabrembang.com dan pasti ditindaklanjuti,  ”, Jelasnya. 

Ketua Bawaslu Jateng Fajar Subkhi saat menghadiri pengenalan metode kerja berbasis IT tersebut menyampaikan, aplikasi karya Panwas Pemilu Kabupaten Rembang ternyata mudah digunakan dan sangat membantu Panwascam dalam membuat laporan. Dipesan supaya aspek yuridis harus dikedepankan jangan hanya mengandalkan laporan dari masyarakat saja. 

"Panwascam wajib menindaklanjuti info dari masyarakat dan harus membuktikan kebenarannya dengan cross check ke lapangan," ucapnya. 

Lanjut Fajar Subkhi sepengetahuannya ada juga daerah lain yang mengembangkan metode sama tetapi belum dilaporkan bentuk aplikasinya.  Bawaslu Jateng segera menginventarisirnya sebagai bentuk pelaporan online dari Panwas Pemilu Kabupaten/Kota.

"Bentuk pelaporan berbasis IT dikumpulkan kemudian dipadukan untuk model pelaporan ke Bawaslu Jateng," cetusnya. (heru)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4655543924807089381

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::