Pendaftaran Panwaslu Kelurahan/Desa Diperpanjang

-- --
Panwaskab melakukan seleksi pendaftaran panwaslu desa/kelurahan
REMBANG-cbfmrembang.com, Sampai dengan. batas waktu pendaftaran Panwaslu Kelurahan/ Desa berakhir pada Kamis (28/12) ternyata masih ada yang belum memenuhi ketentuan minimal 3 orang. Untuk itu Panwas Pemilu Kabupaten Rembang memperpanjang selama lima hari.

Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang Totok Suparyanto mengatakan, rekrutmen petugas pengawas tingkat kelurahan atau desa mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yakni secara normal tahapan berjalan jika minimal ada 3 orang pelamar. Namun hingga kemarin penutupan ternyata di beberapa desa dan kecamatan masih belum terpenuhi.

"Sesuai dengan tahapan pula maka diperpanjang selama lima hari. Mulai 29 Desember sampai  2 Januari mendatang," jelasnya.

Totok Suparyanto sebutkan baru di 10 kecamatan yang sudah terpenuhi kuota 3 orang pelamar per desa, meliputi Bulu, Gunem, Sulang, Kragan,  Kaliori, Lasem, Pamotan, Sarang, Sale dan Sedan. Adapun yang masih belum terpenuhi terdiri Sumber 13 dari 18 desa, Sluke 1 dari 14 desa, Rembang 25 dari 34 desa/kelurahan dan Pancur 8 dari 23 desa.

"Bila masa perpanjangan berakhir namun tak ada tambahan juga maka tahapan seleksi tetap dilanjutkan," cetusnya.

Sambung Totok Suparyanto untuk pengumuman administrasi dijadwalkan 3 Januari dan tak ada test tulis langsung diadakan test wawancara antara 4 hingga 9 Januari. Dilanjutkan pengumuman panwaslu kelurahan/fesa terpilih pada10 Januari dan pelantikan antara 11 sampai dengan 14 Januari.

"Mereka bekerja selama enam bulan setelah dilantik atau hingga Juli mendatang. Tupoksinya melakukan pengawasan di kelurahan atau desa dan merekrut pengawas TPS adapun untuk honor belum ada kejelasan per bulan menerima berapa," paparnya.

Ditambahkan, jajaran panwascam yang wilayahnya masih kekurangan pelamar diminta untuk jemput bola. Mensosialisasikan pentingnya keberadaan panwaslu kelurahan atau desa guna menjaga transparasi dan metralitas pelaksanaan pilgub mendatang.

"Panwascam sudah diintruksikan agar pro aktif keliling ke kelurahan atau desa yang belum terpenuhi kuota 3 orang pelamar. Harapannya muncul animo masyarakat ikut mendaftar," imbuhnya.(Heru Budi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3081225518142571684

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::