Pererat Silaturahmi, Pagar Nusa Rembang Gelar "Pencak Dor"

-- --
Saat ratusan pendekar PN Rembang menyaksikan aksi Pencak Dor
REMBANG - cbfmrembang.com, Dalam rangka menjalin talisilaturahmi sesama kaum santri dan para pendekar, Pimpinan Cabang Pagar Nusa Kabupaten Rembang Jawa Tengah, pada Senin sore (25/12/2017) menggelar "Pencak Dor" di kompleks Madrasah Aliyah Mualimin Mualimat Rembang (M3R).

Para pendekar dari sejumlah pondok pesantren dari dalam dan luar kota Rembang seperti, Kediri dan Lirboyo Jawa Timur, serta Pati, Grobogan, Demak Jawa Tengah, juga beberapa pendekar dari daerah Cirebon nampak tak mau melewatkan panggung pencak yang menjadi tradisi pondok pesantren Nahdlatul Ulama.

Salah satu panitia dari Pagar Nusa Cabang Rembang Ahwan menjelaskan, Pencak Dor merupakan tradisi pesantren yang baru pertama kali digelar. Ia menimpali, kemungkinan merupakan panggung Pencak Dor yang digelar pertama kali di Jawa Tengah.

"Itu Ini baru pertama kali digelar di Kabupaten Rembang, dan mungkin juga ini yang pertama di Jawa Tengah. Melihat antusias kemungkinan tahun depan akan kita gelar lagi" kata Ahwan.

Ia menambahkan, dengan adanya panggung tarung bebas namun tetap menjunjung sportivitas "Diatas Lawan Dibawah Kawan" itu membuat kawan lama bertemu kembali melalui seni beladiri pencak yang identik dengan nama besar KH Maksum Djauhari (Gus Maksum), yang merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama asal Kediri, sekaligus pelopor Pagar NU dan Bangsa (Pagar Nusa). 

Arianal Khak Ahmad santri asal Cirebon bercerita, Pencak Dor bagian dari hobinya sejak masih nyantri di pondok pesantren Lirboyo. Saat mendapatkan kabar ada panggung yang menjadi kesukaannya, ia bersemangat untuk datang.   

"Saya asli santri Cirebon dulu pernah mondok di Lirboyo, setelah itu mondok di Grobogan sekarang. Tadi pagi kabari temen Lirboyo ada acara yang sangat mengejutkan. Sama kumpul teman Lirboyo lagi, dari kecil sangat suka menggeluti dunia persilatan utamanya Pagar Nusa" tuturnya kepada wartawan. 

Pria yang biasa dipanggil Aria itu terakhir kali naik panggung Pencak Dor pada 2013 di Lirboyo. Semenjak pindah di Grobogan dia sempat empat tahun tidak mendapatkan teman untuk berlatih silat. Dan baru di Rembang kembali main Pencak Dor.

Selain para pendekar Pagar Nusa, yang beradu tanding diatas pentas, juga nampak empat pendekar dari perguruan lain tertarik untuk mencoba empuknya panggung kebanggan para pendekar dari kaum santri NU. 

Seluruh pendekar dari perguruan Pagar Nusa dan luar perguruan dari berbagai kota ikut hadir  untuk menyaksikan pertarungan para pendekar pemberani yang berani naik keatas pentas. (ASMUI)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5546968664640539062

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::