Ratusan Kapal Cantrang di Rembang Berhenti Melaut

-- --
Kapal cantrang yang disandarkan di Pelabuhan Tasikagung Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Nelayan diwilayah Kabupaten Rembang masih berharap cemas, karena menunggu kepastian legalitas cantrang. Pasalnya, masa rileksasi yang diberikan pemerintah selama dua kali enambulan, akan berakhir pada 31 Desember 2017.

Kondisi tersebut mungkin juga dirasakan oleh nelayan lain di seluruh Indonesia yang masih menginginkan cantrang untuk diizinkan beroprasi. 

Ketua Asosiasi Nelayan Dampo Awang Rembang, Suyoto mengaku nelayan cantrang akan berhenti beroprasi secara total, jika memang tidak dapat perpanjang izin berlayar.

Saat disinggung mengenai ganti alat tangkap, Suyoto menyatakan, nelayan cantrang di Kabupaten Rembang belum mampu mengganti alat tangkap karena keterbatasan modal.

"Kalau habis ini ya nelayan cantrang berhenti kalau memang suratnya tidak dapat diperpanjang. Ya mau ganti alat tangkap gak semudah ganti alat tangkap" kata Suyoto.

Plt Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tasik Agung Rembang Japar Lumban Gaol mengatakan, dipastikan empat ratusan SIPI kapal cantrang per 31 Desember 2017 sudah kadaluarsa. 

Pihaknya juga, tidak akan mengeluarkan SIPI bagi kapal cantrang, sebelum ada aturan yang jelas dari Pemerintah Pusat.

"Sampai hari ini belum ada yang memperbarui SIPI cantrang. Kami juga tidak akan mengeluarkan selama belum ada aturan yang jelas dari pusat" kata Japar Lumban Gaul saat dihubungi cbfmrembang.com.

Para nelayan akan menggelar aksi damai di Rembang pada tanggal 08 Januari 2018. Selain itu, pada 17 Januari 2018, nelayan di Rembang bakal mengikuti apel siaga nusantara di depan Istana Merdeka.

Berdasarkan data di Provinsi Jawa Tengah, ada 12.600 kapal cantrang yang terdampak Permen KP 72/MEN-KP/II/2016, tentang Pembatasan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Cantrang di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Indonesia (WPPNRI). 

Dari jumlah kapal cantrang yang ada di Jawa Tengah,  diperkirakan baru 20 persen nelayan cantrang yang mendapatkan bantuan dari Kementrian Kelautan.

Sebelumnya, Kementrian Kelautan sudah memberikan masa perpanjangan penggunaan jaring cantrang sejak awal bulan Januari, sampai dengan 30 Juni 2017. Setelah itu, cantrang kembali diperpanjang hingga berakhirnya tahun 2017. ( ASMUI  )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2897488694793105235

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::