Segera Dibentuk Bawaslu Kabupaten atau Kota

-- --
Bawaslu Propinsi jateng saat melakukan sosialisasi Pemilu kepada Panwaskab Rembang
REMBANG-cbfmrembang.com, Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten atau Kota nantinya bukan sekedar lembaga ad hoc saja melainkan ditingkatkan menjadi permanen layaknya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten dan Kota. Hal ini mengacu pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan untuk personel yang kini duduk sebagai komisioner di Panwaslu Kabupaten atau Kota tak perlu mengikuti seleksi awal.

Ketua Bawaslu Jateng Fajar Subkhi ditemui kemarin saat hadir pada salah satu kegiatan di Rembang menginformasikan nama Panwaslu Kabupaten atau Kota berganti menjadi Bawaslu Kabupaten atau Kota. Jumlah personel juga disamakan dengan komisioner KPU Kabupaten/Kota yakni 5 orang. 

Fajar Subkhi terangkan acuan yang digunakan yakni Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Batas waktu peningkatan status Panwaslu Kabupaten atau Kota adalah setahun setelah diundangkan.

"Karena undang-undang tersebut berlaku sejak Agustus rahun ini maka Bawaslu Kabupaten atau Kota mestinya paling lambat pada bulan sama tahun depan sudah terbentuk," jelasnya.

Disinggung mekanisme pelaksanaan, Fajar Subkhi sebutkan untuk peringkat 6 besar seleksi Panwaslu Kabupaten atau Kota tinggal mengikuti psycho test dan seleksi wawancara. Sedangkan pelamar lain seperti biasa dimulai dari seleksi administrasi.

"Tak ada prioritas untuk tiga komisioner Panwaslu Kabupaten atau Kota. Hanya saja mereka tak perlu mengulang dari proses awal," paparnya.

Ditambahkan, konsekwensi dari peningkatan status Panwaslu menjadi Bawaslu Kabupaten atau Kota maka Pemkab dan Pemkot harus memperlakukan sama selayaknya KPU Kabupaten atau Kota. Disediakan bangunan untuk berkantor dan dilengkapi Kesekretariatan.

"Harus imbang fasilitas dan kebutuhan antara keduanya karena sama-sama sebagai lembaga penyelenggara pemilu," imbuhnya. ( heru Budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5073375254877697581

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::