Sentra Garam Rembang, Dikelola Koperasi

-- --
Sentra Garam Rembang Sudah Dibangun 
KALIORI - cbfmrembang.com, Pengelolaan gudang sentra niaga garam Kabupaten Rembang yang tempatkan diwilayah pantura Desa Purworejo Kecamatan Kaliori, dikelola oleh Koperasi Guyub Rukun, yang menjadi koperasi milik para pengusaha garam Kecamatan setempat.

Wakil ketua koperasi Guyub Rukun Suwardi menjelaskan, setatus pengelolaan gudang yang menampung 2000 ton garam petani itu, dihibahkan kepada Koperasi, oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Nantinya, semua keuntungan yang didapat, nantinya akan menjadi milik Koperasi, dan sebagian dikembalikan kepada anggota koprasi. Selain itu, sebagian keuntungan akan menjadi dana untuk oprasional.

"Ia itu sudah dihibahkan kepada Koperasi Guyub Rukun. Kalau soal keuntungan nanti menjadi milik koperasi sepenuhnya yang sebagian dikembalikan kepada anggota yang berjumlah 50 orang, dsan sebagian untuk modal" kata Suwardi.

Ia membeberkan, untuk pengoprasian gudang tersebut, masih menunggu serah terima secara resmi dari kementrian KKP yang diperkirakan baru akan dilakukan antara bulan Januari, hingga Februari 2018.

"Kalau beroprasi baru akan kita lakukan pada setelah serah terima secara resmi oleh KKP, antara bulan Januari atau Februari tahun depan" pungkas Suwardi.

Untuk mengatasi persoalan garam di Kabupaten Rembang, Pemerintah setempat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan membangun sebuah gudang yang yang mampu menampung garam hasil produksi petani setempat hingga 2000 ton pertahun.

Selain sebagai sarana oprasi pasar saat garam sedang langka, keberadaan sentra garam itu nantinya akan menekan anjloknya harga garam saat panen raya, dengan cara saat harga murah petani dapat menjual lepada koperasi.

Proyek pembangunan sentra niaga garam tersebut merupakan program pemerintah pusat, sebagai salah satu persiapan untuk meningkatkan stok garam nasional. Kegiatan ini dialokasikan anggaran sebesar Rp 2 Miliar. (ASMUI  )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3588575296855703721

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::