8 Warga Terserang DB Pamotan Endemis

-- --
Petugas puskesmas Pamotan melakukan Fogging di rumah warga  di desa pamotan 
PAMOTAN-cbfmrembang.com, Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menyerang warga. Sedikitnya delapan warga di desa Pamotan yang semuanya anak- anak telah terserang penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti itu.

Kepala Puskesmas Pamotan, dr.Nur Khotib mengungkapkan, dua pasien terindikasi penyakit Demam Dengue dan enam Demam Berdarah Dengue (DBD). Delapan warga dalam satu bulan ini telah mendapatkan perawatan dan hari ini puskesmas setempat telah melakukan fogging di dua dukuh, yakni dukuh Sambikalung dan dua warga dari dukuh lain.

"Sebenarnya kami sudah melakukan langkah antisipasi sejak bulan november lalu, mulai dari sosialisasi kepada seluruh kepala desa, siaran keliling menyebarkan informasi pentingnya memeriksa jentik di tampungan- tampungan air seperti di bak air kamar mandi dan genuk," ujarnya.

Menurut analisanya, satu hal yang belum berjalan yaitu pemeriksaan penampungan air dari jentik- jentik nyamuk, terbukti dari sejumlah rumah yang diperiksa rata- rata ada jentik nyamuk. Perlu peran aktif dari masyarakat, memerangi DBD tidak bisa hanya dilakukan oleh puskesmas saja. 

Ketua RW 7 desa Pamotan Trimo membenarkan enam warganya terserang penyakit demam berdarah. Namun saat ini sebagian sudah ada yang pulang setelah mendapatkan perawatan intensif di puskesmas Pamotan maupun di  RSUD dr.R.Soetrasno Rembang. Diakuinya kesadaran masyarakat akan menjaga kebersihan lingkungan masih rendah.

"Kesadaran masyarakat untuk kebersihan lingkungan masih rendah, apalagi ada dua rumah walet di sini yang ada penampungan air yang mungkin jarang dibersihkan dan banyak pedagang PKL di Lingkungan eks Kawedanan yang kurang bisa menjaga kebersihan lingkungan. Kami akan mengusulkan pihak desa lebih mendorong warga untuk meningkatkan kepedulian akan kebersihan dengan program jumat bersih terlebih untuk gerakan 3M plus," pungkasnya.( Mufti affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 8085324382731624876

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::