Pengelolaan RTH Akan Dilimpahkan kepihak Desa

-- --
Bupati Rembang bersama jajaran saat mengunjungi RTH Mondoteko, den menyampaikan akan menyerahkan pengelolaan kepada pihak desa ( foto :ASMUI )
REMBANG - cbfmrembang.com, Pihak pemerintah Kabupaten Rembang sudah berencana untuk melimpahkan pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) kepada pihak pemerintah desa setempat.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Rembang H Abdul Hafidz saat mengunjungi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Desa Mondoteko Kecamatan kota.

Menurut Bupati, selama ini masih ada simpang siur soal hak pengelolaan ruang terbuka hijau disejumlah tempat. Karena, lahan yang digunakan merupakan aset desa, dan pembangunan dilakukan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat, yang pengelolaannya diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten.

"RTH memang aset desa, yang pembangunannya menggunakan anggaran pemerintah pusat yang diserahkan kepada kabupaten, dan kami akan segera melimpahkan RTH kepada pihak desa. Kalau kemarin masih setengah-setengah kalih ini akan kita limpahkan sehingga desa bisa merawat, mengawasi dan lain sebagainya" kata Bupati Rembang kepada awak media. 

Saat diberitau secara langsung oleh Bupati Rembang Kepala Desa Mondoteko Salamun mengaku akan menyisihkan sebagian dana desa untuk kepentingan pengembangan RTH.

Untuk tahap pertama, bangunan kios semipermanen yang berdiri diatas sluran akan ditertipkan. Sepanjangan jalan depan taman kota Mondoteko. akan didirikan ruko sebagai pusat jajanan kuliner yang biasa diburu pencari takjil saat bulan ramadan.

"Kalau gambarannya nanti depan akan dibangun kuliner, memo yang tepat dibulan ramadan itu saja bisa membeli jajanan takjil. Terus kita akan menertipkan ruko yang kurang permanen harus kebelakang, saluran harus bebas dari bangunan" beber Kades Mondoteko.

Selain RTH Mondoteko, Pemkab Rembang akan menyerahkan seluruh RTH yang ada, untuk dikelola pemerintah desa setempat. Dalam waktu dekat, berkas pelimpahan akan segera dibuat sebagai bentuk legal formal. ( ASMUI )   

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 8944805755183822865

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::