Petugas PPDP Diminta Cermat Cocokan Data

-- --
Foto simulasi cbfmrembang.com
REMBANG – cbfmrembang.com, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupeten Rembang meminta Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) agar lebih cermat dalam melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian data, untuk pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah 2018.

Menurut anggota Panwaslu Kabupaten Rembang Amin Fauzi, peranan petugas PPDP menjadi penentu pencocokan dan penelitian daftar pemilih.

Jika tak berhati-hati, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah pada daftar pemilih.

“Mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018 nanti pihak KPU melalui PPDP melakukan kegiatan coklit, kami minta petugas PPDP se Kabupaten Rembang lebih cermat dalam melakukan coklit agar warga yang didata benar-benar akurat” kata Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslu Rembang. 

Pada prinsipnya, dalam pengawasan pemutakhiran data pemilih jajaran Panwaslu adalah, untuk memastikan setiap pemilih suara yang memenuhi persyaratan, terdaftar sebagai pemilih.

Saat ini, ada 280 Panwaslu tingkat desa yang terbentuk. Semuanya siap melakukan kerja pengawasan pada tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih untuk Pilgub tahun ini. 

“Baik Panwaslu Kecamatan maupun Panwaslu Kelurahan Desa yang sudah kami bentuk sudah siap  untuk mengawasi jalannya seluruh tahapan pilkada” ucapnya. 

Diantara hal yang dapat menimbulkan permasalahan adalah, petugas PPDP mendata dengan cara tidak mendatangai pemilih secara langsung. Atau petugas PPDP hanya, menempel stiker dimasing-masing rumah tanpa melakukan pencocokan data.

Hal tersebut dapat menimbulkan pemilih yang tidak memenuhi syarat masuk dalam daftar pemilih, dan sebaliknya, pemilih yang memenuhi syarat justru tidak masuk daftar pemilih. 

Jumlah daftar pemilih se Kabupaten Rembang saat ini sebanyak 495.993 jiwa. Jumlah itu yang akan dilakukan pencocokan dan penelitian oleh petugas PPDP. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5295622645564968638

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::