Sukseskan Program Kesehatan, BPJS Libatkan Pemkab Rembang

-- --
Saat Bupati Rembang usai melakukan penandatanganan MoU dengan Kepala BPJS Cabang Pati di Ruang Rapat Bupati pada Kamis pagi (18 Januari 2018)
REMBANG - cbfmrembang.com, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Rembang. menandatangani kerjasama (MoU)  di ruang rapat Bupati setempat, pada Kamis siang (18/01/2018).

Dalam Mou Ini , seluruh warga masyarakat Kabupaten Rembang diharapkan terdaftar dalam program JKN-KIS. Keterlibatan pemerintah daerah diharapkan menjadi pendukung tercapainya target program jaminan kesehatan nasional.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati Surmiyati membeberkan, 83 persen warga Rembang sudah terdaftar pada program JKN-KIS. Sedangkan 17 persen sisanya, yang akan terus digarap hingga rampung 100 persen sebelum Desember 2018.

“Pemerintah Kabupaten Rembang telah berkomitmen untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) untuk warga Rembang. Sehingga pada akhir tahun 2018 diharapkan seluruh penduduk Rembang mendapatkan perlindungan kesehatan melalui program JKN-KIS” paparnya.

Ia menyebut, jika program tersebut sudah sesuai dengan instruksi Presiden yang tercantum dalam peraturan badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan No. 8 Tahun 2017.

“Jumlah warga Rembang ada sebanyak 625.991 jiwa, sedangkan yang sudah terdaftar ada 519.108 jiwa. Sisanya ini yang kita pacu agar bisa terdaftar dalam program JKN-KIS” imbuhnya.

Bupati Rembang Abdul Hafidz meminta agar pencapaian program tersebut bisa didukung seluruh elemen masyarakat. 

Ia juga meminta Dinas Sosial dan Kesehatan untuk segera turun lapangan menyisir masyarakat kurang mampu agar segera mendaftarkan diri ke BPJS.

“Rincian miskin dan non miskin ini nanti akan kita pilah dan tindak lanjuti dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan. Tentunya tidak lepas dari penggunaan anggaran. Maka kami tidak henti-hentinya menghimbau agar warga tidak mampu bisa mendaftarkan diri melalui pengajian-pengajian saya terus menyampaikan” tutur Bupati. 

Rata-rata warga yang belum terdaftar dalam kepesertaan BPJS kesehatan tidak berdomisili di wilayah Kabupaten Rembang. Selain itu, ada juga yang warga miskin yang sudah meninggal, namun datanya masih tercantum dalam kepesertaan. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 2219093362095709408

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::