Temuan Pasien DBD Awal Tahun Jadi Perhatian Serius Dinkes

-- --
Wilayah DBD Difogging Dinkes
REMBANG-cbfmrembang.com, Memasuki pergantian tahun dan masih di bulan pertama sudah tercatat ada 3 pasien demam berdarah dengue di Kabupaten Rembang. Hal ini menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan setempat melakukan penanganan agar jumlah penderita di wilayah kejadian tak makin betambah.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Rembang Aris Suryono menginformasikan bahwa pihaknya menerima laporan ada 3 warga RT 01-RW 02 Dukuh Sumberjo Desa Sambirito Kecamatan Sedan terjangkit DBD dan dirawat intensif di rumah sakit. Untuk itu jajarannya ditugaskan monev ke lapangan guna melakukan penanganan dan pencegahan agar tak makin bertambah penderitanya.

"Tim gabungan dari Seksie Surveilans, Karantina Kesehatan, dan Imunisasi beserta Seksie Pencegahan langsung ditugaskan melakukan penanggulangan di wilayah temuan pasien DBD," paparnya.

Aris Suryono sampaikan selain itu petugas dari puskesmas setempat juga dilibatkan melakukan pencegahan supaya tak makin meluas area serangan nyamuk pencetus DBD. Tim didampingi oleh petugas P2 dari Puskesmas setempat dan para kader jumantik mengadakan penyuluhan dan penaburan bubuk larvasidasi.

'Termasuk telah dilakukan pula dan fogging focus sehubungan dengan adanya penemuan kasus DBD di desa tersebut," Ungkapnya.

Lanjut Aris Suryono dari puskesmas juga melakukan penyelidikan epidemiologi/mendapatkan gambaran klinis dari suatu penyakit dengan hasil ditemukan adanya penularan kasus DBD. Dari 50 rumah yang dipantau 31 diantaranya ditemukan jentik nyamuk aedes aegypti.

"Cukup rendah angka bebas jentik/ABJ hanya tiga puluh delapan persen," tambahnya.

Diharapkan dari pihak pemerintah desa segera menggerakkan masyarakatnya untuk melakukan pemberantasan nyamuk secara serentak. Sehingga dapat memutus rantai hidup nyamuk penular DBD sekaligus mencegah supaya tidak menular ke orang lain.

" Penting sekaki selalu melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3 M plus yaitu Menutup, Menguras tempat penampungan air, Mungubur barang bekas plus Memantau jentik di rumah secara rutin seminggu sekali sehingga rumah terbebas dari nyamuk pencetus DBD. Sedangkan kalau untuk fogging kurang efektif, karena hanya membunuh nyamuk dewasa saja," tandasnya. 

Dari Dinkes diperoleh data jumlah pasien DB dan DBD tahun lalu tercatat ada 18 penderita.Dari jumlah tersebut dilaporkan pula tak ada yang meninggal. (heru)

Reaksi: 

Berita Terkait

kesehatan 2572470843414863754

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::