Bentuk Pokdarwis, Dorokandang Siap Kembangkan Potensi Wisata

-- --
Forum saat pembentukan Pokdarwis Margo Tirto Nirmala Dorokandang, di balai desa setempat belum lama ini

LASEM-cbfmrembang.com, Desa Dorokandang Kecamatan Lasem mulai berbenah untuk menjadi desa wisata di Kabupaten Rembang. Sebagai langkah awal, tanggal 1 Februari 2018 malam kemarin telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kepala Desa Dorokandang, Suwito  kepada CBFM Rembang berharap dengan adanya Pokdarwis ini potensi wisata yang ada di desanya bisa semakin terawat dan dikenal masyarakat luas. Dorokandang memiliki beberapa situs sejarah, seperti makam para pahlawan yang di jamannya berjuang mempertahankan Lasem dari penjajah Belanda tahun 1750, bangunan tua bekas stasiun dan sumur bersejarah.

“Dengan adanya Pokdarwis ini harapannya potensi wisata kita semakin dikenal masyarakat. Kita ada potensi religi atau sejarah seperti makam-makam pahlawan yang memperjuangkan Rembang dan Lasem dari Belanda, makam Raden Panji Margono, makam Panglima Tionghoa Singseh Tan Sin Ko yang merupakan salah satu pahlawan nasional (sedang diajukan) yang bersama kaum pribumi, dan bangunan bekas stasiun serta sumur tua yang manjadi cikal bakal desa Dorokandang,” jelasnya.

Pihaknya juga siap untuk mengalokasikan anggaran dari Dana Desa untuk menyentuh beberapa potensi wisata disana jika memang diperbolehkan dalam aturan. Paling tidak bisa memperbaiki akses jalan menuju lokasi.

Pokdarwis yang berisi sekitar 25 orang itu diberi nama Margo Tirto Nirmala. Dengan ketua seorang wanita bernama Sujarwati.

Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Chris Prasetyana menyambut baik dengan terbentuknya Pokdarwis di Dorokandang. Tujuan dari dibentuknya Pokdarwis salah satunya juga memberikan pengertian kepada masyarakat betapa pentingnya kesadaran akan pariwisata, Organisasi ini juga sifatnya tidak berorientasi keuntungan material.

“Pokdarwis kan tugasnya untuk memberikan pengertian kepada masyarakat pentingnya sadar wisata. Pokdarwis ini bukan profit oriented tapi kalau sudah menjadi desa wisata nanti keuntungannya bisa seperti di desa punjulharjo,” terangnya.


Sampai saat jni sudah terbentuk sekitar 21 Pokdarwis di Kabupaten Rembang. Jumlah tersebut bisa saja terus bertambah mengingat banyaknya potensi wisata di Kabupaten ini.
( MIFTA )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8439982162303911449

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::