Dana CSR Semen Gresik Naik 2 Persen

-- --
Pabrik milik PT Semen Indonesia yang dikelola oleh anak Perusahaan
REMBANG – cbfmrembang.com, Pabrik milik PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang, yang ditangani langsung oleh anak perusahaan, yaitu PT Semen Gresik tahun 2018 ini menyalurkan dana CSR Rp 12,49 milyar. Jumlah itu naik 2,07 persen jika dibandingkan tahun 2017.

Kepala Bagian CSR PT Semen Gresik di Rembang, Abdul Manan menjelaskan, kenaikan dana CSR disebabkan kebutuhan masyarakat Kabupaten Rembang, utamanya wilayah ring satu, meningkat.

Dana tersebut akan dialokasikan sesuai dengan ketentuan, dan aturan pemerintah. Seperti bidang kesehatan, pendidikan, sarana dan prasarana (Sarpras). Selain itu, olahraga, sosial politik, serta pelestarian lingkungan dan alam tak ditinggal oleh perusahaan milik BUMN itu.

Alokasi dana CSR terbesar masih didominasi untuk pembangunan, sarana dan prasarana seperti pembangunan jaringan air bersih, untuk warga diwilayah ring satu.

"Dana itu akan dibagi ke beberapa sub bagian. Ada bidang kesehatan, pendidikan, sarana dan prasarana, olahraga, pelestarian lingkungan dan alam, juga bidang sosial politik dan budaya" terangnya kepada wartawan, Kamis (22/2/18).

Manan menyebut, ada lima desa terdekat dengan pabrik yang akan menerima manfaat dana CSR tahun ini.

Di Kecamatan Gunem ada tiga Desa yang menjadi sasaran dana CSR, seperti Desa Tegaldowo, Pasucen, dan Desa Kajar. Dua desa lain adalah Desa Kadiwono Kecamatan Bulu, dan Desa Ngampel masuk wilayah Kabupaten Blora.

Besaran jumlah penerimaan ditentukan berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk. Empat desa masing-masing mendapatkan jatah Rp 250 juta, khusus Desa Tegaldowo mendapat bagian Rp 500 juta.

"Belajar dari tahun 2017 kemarin, penggunaan dana CSR pada bagian sarana dan prasarana mencapai 45,83 persen. Karena ada perbaikan jalan di jalur lingkar Weton. Dan akan dilanjutkan tahun ini, namun masih menunggu kesepakatan dengan Pemkab Rembang" imbuhnya.

Berdasarkan amanat undang-undang, pengelolaan dana CSR dapat dilakukan melalui BUMDes. Penggunaan dana ini sudah ditentukan, dan akan dimintai laporan pertanggung jawaban serta audit dari pihak yang mempunyai wewenang. ( ASMUI / Mifta )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6202033231073634308

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::