Eliminir Permasalahan Mutarlih, Panwaskab Gandeng KPU Rembang

-- --
Komisioner KPU Rembang, Nurul Muasiroh saat menjelaskan seputar permasalahan dalam mutarlih

REMBANG-cbfmrembang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Rembang menggelar bintek penguatan kinerja pengawasan. Dalam kegiatan tersebut Panwaskab mendatangkan narasumber dari Komisioner KPU Rembang, Divisi Pemutakhiran Data, Nurul Muasiroh.

Ketua Panwaskab Totok Suparyanto kepada CBFM, Kamis (14/2/2018) menjelaskan bahwa kegiatan dilaksanakan selama sepekan, di Kragan, Pamotan, Lasem, Rembang dan Sulang. Kegiatan yang diikuti seluruh personel Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa bertujuan untuk mengatasi kendala di lapangan yang  dialami petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Totok Suparyanto mencontohkan permasalahan adanya warga yang sedang mengalami gangguan jiwa, oleh PPDP tidak dimasukkan data. Hal itu menjadi perdebatan dengan Panwas di tingkat kelurahan dan desa, sehingga pihaknya memberikan rekomendasi. 

“Telah direkomendasikan secara lisan ke KPUK Rmbang, jika yang bersangkutan dianggap tengah terganggu kejiwaannya dan didukung surat keterangan dari rumah sakit atau dokter jiwa maka tidak masuk dalam daftar. Sedangkan tanpa keterangan tadi maka harus masuk daftar,” ujarnya.  

Permasalahan lain lanjut Totok Suparyanto yaitu perlakuan terhadap warga yang bekerja di luar wilayah, mestinya tetap harus dimasukkan daftar tak boleh dilewatkan. Berikutnya pemilih potensial juga harus didata.

”Terdiri anggota TNI atau Polri yang purna tugas serta pemilih pemula yang berusia 17 tahun sehari sebelum pencoblosan, semua harus terdaftar," imbuhnya.

Saat ini pemilih se-Kabupaten Rembang berdasar Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kemendagri yang disinkronisasi oleh KPU sebanyak 495.993 pemilik hak suara. Ada tambahan  14.416 pemilih dari kali pertama data diterima sebanyak 489.577 pemilih.(Heru/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2137237008072835830

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::