Kandungan Batu Gamping Di Rembang Diteliti, Diduga Mengandung Lithium

-- --

Foto penambangan batu kapur yang diduga mengandung lithium
REMBANG - cbfmrembang.com, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sedang melakukan penelitian terhadap batu kapur yang biasa ditambang disejumlah wilayah di Kabupaten Rembang.

Diduga, batuan kapur atau batu gamping yang ditambang para pengusaha itu, terdapat kandungan lithium, atau bahan baku batu baterai.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang Subakti saat acara "Business Week BUMD Migas Rembang yang digelar PT Rembang Migas Energi dilantai 4 kantor Bupati Kamis pagi (22/02/2018).

Menurutnya, kandungan lithium pada batu gamping jika dijual harganya sepadan dengan emas. Oleh karena itu temuan ini perlu dilakukan eksplorasi lebih jauh untuk mengukur kadar lithium mengingat batu gamping disetiap wilayah punya kualitas yang berbeda.

"Ini kabar gembira karena lithium itu kalau dijual harhanya setara dengan emas. Ini perlu dilakukan penelitian lebih jauh mengingat kualitas batu kapur di setiap wilayah berbeda" beber Sekda Rembang.

Sementara itu Direktur PT Rembang Migas Energi, Zainul Arifin dalam sambutannya menyebut Kabupaten Rembang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah,seperti gas alam, batu kapur bahan baku semen, dan lithium.

"Terlebih di bagian selatan pegunungan Rembang. Di wilayah pegunungan itu mengandung jutaan kubik bahan tambang. Mulai dari batu kapur, tras, pasir kuarsa, dan litium bahan pembuatan batu baterei" pungkasnya.

Batu kapur yang terdapat kadar lithium dapat dijadikan bahan baku batu baterai, sedangkan yang tidak ada kandungannya, dapat dijadikan sebagai bahan baku semen.

Dugaan itu diperkuat oleh temuan lithium di bongkahan batu gamping yang ditambang oleh PT SAF beberapa waktu lalu. Temuan tersebut akan terus dilakukan pengembangan. ( Asmui / Mifta )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 1479406640419813855

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::