Lulusan SMK NU Lasem Didorong Berwirausaha

-- --
Siswa SMK NU Lasem saat membuat produk kreasi mereka untuk bazar

LASEM-cbfmrembang, Seluruh siswa kelas XII SMK NU Lasem usai mengikuti ujian praktek kewirausahaan sebagai bagian dari ujian sekolah yang menjadi salah satu syarat penentu kelulusan mereka. Kegiatan tersebut mereka didorong mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri setelah lulus.

Tri Noviantoro guru SMK NU Lasem selaku koordinator kegiatan kepada CBFM, Sabtu (16/2/2018) menjelaskan ujian praktek kemarin sekaligus dijadikan bazar untuk mengenalkan kemampuan siswa kepada masyarakat. Dipamerkan kompetensi anak didik di bidang keahlian masing-masing.

"Hasil ujian praktek dipamerkan dalam stand meliputi Program Keahlian  Administrasi Perkantoran, Program Keahlian Akuntansi, Program Keahlian  Teknik Kendaraan Ringan dan Program Keahlian Teknik Multimedia," terangnya.

Novi sapaan akrabnya menambahkan  bazar kewirausahaan terbagi dalam dua golongan usaha yaitu dagang dan  jasa. Dari usaha dagang setiap siswa berkreasi dan berinovasi melalui pembuatan produk dan menjualnya di stand yang telah disediakan oleh panitia.

"Sedangkan dari usaha jasa sebagian siswa memberikan layanan jasa melalui service murah untuk kendaraan roda dua yang diikuti oleh siswa-siswa dari program keahlian  Teknik Kendaraan Ringan dan Jasa Pemotretan serta pembuatan PIN yang diikuti oleh siswa siswi dari Program Keahlian  Teknik Mutimedia," paparnya.

Lanjut Novi memang SMK NU Lasem memberikan bekal kompetensi pada siswa selama menuntut ilmu di sekolah, sebagai bekal untuk bersaing dalam bursa kerja. Namun lebih dikuatkan agar mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Ditambahkan, ujian praktek selain perorangan juga dikerjakan secara kelompok yang diinginkan memberi manfaat menghasilkan anak didik yang kreatif dan inovatif serta memiliki rasa solidaritas tinggi. Tujuan lain yang disasar yaitu  memberikan bekal mental kepada siswa dalam menggeluti usaha.
(Heru/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4635922074606707183

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::