Modus Penipuan Bea Siswa Beredar

-- --
Salah satu pesan yang diduga palsu dengan mengatas namakan Kepala Sekolah SMAN Kragan


Rembang- cbfmrembang.com, Beberapa Kepala Sekolah SMA atau SMK di wilayah Kabupaten Rembang tengah heboh membicarakan adanya penyaluran bea siswa dari Kementerian Pendidikan. Menurut informasi rencana dilaksanakan di Hotel IBIS Jakarta pada tanggal 8-9 Februari, namun diduga merupakan modus penipuan.

Nur Rohman Kepala Sekolah SMK Cendikia Lasem pada Minggu (4/2/2018) mengaku telah  dihubungi beberapa Kepala sekolah terkait adanya pemberitahuan tersebut. Hanya saja dinilai janggal karena sebagian menerima undangan melalui email dan WA dimana hal ini tak lazim karena mengatasnamakan kementerian, selain itu nomor WA pengirimpun berbeda- beda.

"Mestinya ada undangan tertulis bersifat resmi, bukan seperti ini dikirim ke email atau WA para kepala sekolah. Kan yang mengundang pihak Kemendikbud, jelas ini modus baru penipuan," terangnya.

Disinggung dari mana pelaku mendapatkan nama para siswa dan kepala sekolah, menurutnya pelaku kemungkinan memperoleh dari daftar pokok pendidikan (dapodik) sekolah.

Terpisah Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Gatot Rahardjo membenarkan adanya upaya penipuan dengan modus tersebut. Pihaknya sudah menghubungi rekan-rekan Kepsek SMK agar terus berkoordinasi dan melapor jika menerima undangan tak resmi itu, seraya dipesan agar mewaspadainya.

"Semalam dibahas di grup WA Kepsek SMK, sudah diingatkan supaya tak mudah percaya begitu saja sebelum dicek ke kementerian," ucapnya.                                                                                                   
Sampai Minggu (4/2) siang masih pihaknya terus dihimpun data dari para Kepsek SMA dan SMK terkait siapa saja yang mendapatkan kiriman pesan tersebut. Termasuk menjalin komunikasi dengan Kepsek lain dari kabupaten tetangga menanyakan apakah juga menerima pembetitahuan juga dan saling pesan jangan sampai tertipu.(Heru)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 1327245200640890418

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::