Nelayan Cantrang Sepakat Ganti Alat Tangkap

-- --
Deretan kapal di PPP Tasikagung 

REMBANG - cbfmrembang.com, Nelayan di Kabupaten Rembang sebagian besar menandatangani kesanggupan berganti alat tangkap selain cantrang.

Hal itu terlihat pada Selasa (13/02/2018) saat verifikasi kapal cantrang di Pelabuhan Perikanan Pantai Tasikagung Rembang yang dikunjungi Menteri KKP Pudji Astuti.

Kepala PPP Tasikagung Japar Lumban Gaol mengatakan, semua pemilik kapal cantrang sepakat untuk berganti alat tangkap, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kesepakatan itu tertuang dalam pernyataan pakta integritas yang ditandatangani para pemilik kapal, sebagai syarat untuk mengikuti verifikasi.

Setelah dilakukan verifikasi, setiap kapal cantrang akan mendapatkan sertifikat kelayakan melaut (SKM). Setelah itu, kapal cantrang kembali diperbolehkan melaut. 

"Setelah semuanya diverifikasi nanti mereka sudah bisa melaut setelah mengantongi SKM," katanya.

Sementara itu Dirjen Perikanan Tangkap KKP Syarif Widjaja menambahkan, setelah dilakukan pengukuran ulang, sebagian besar kapal di Rembang ternyata bobot aslinya diatas 30 GT. Hal itu terjadi semacam pemalsuan dokumen dimasa lalu.

Selain itu, dijumpai beberapa kapal yang tidak memiliki dokumen pengalihan kepemilikan.

Bagi kapal cantrang yang tidak sesuai dokumen, akan dibantu pemerintah, untuk perbaikan dokumen kapal sampai tuntas melalui program pemutihan.-

"Begitu diukur ulang, mayoritas itu diatas 30 GT, tetapi ada juga kapal setelah diukur ulang tetap dibawah 30 GT," tambahnya.

Dari 262 kapal yang ada, sampai Selasa sore hanya 227 kapal yang mengikuti verifikasi. Sedangkan 35 kapal belum mendaftar untuk diverifikasi. 

Sebanyak 17 kapal sudah dilakukan wawancara, dan 79 sudah cek fisik. Sedangkan 140 kapal akan diselesaikan verifikasinya selama 2 hari kedepan.

Dari jumlah kapal yang mengikuti verifikasi hanya 13 kapal cantrang yang memenuhi persyaratan dan siap membayar pendapatkan negara bukan pajak (PNBP). ( Asmui/Mifta )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 6913775090162060358

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::