Obat Anti Nyamuk Dari Kawis Antarkan SMK Avicenna Juara Se-Jawa

-- --
Tim SMK Avicena Lasem saat menerima penghargaan dari panitia lomba 

LASEM-cbfmrembang.com,  SMK Avicenna Lasem berhasil sabet juara lomba artikel ilmiah remaja SMK kesehatan Se-Jawa yang diselenggarakan oleh UNIMUS (Universitas Muhamadiah Semarang) di kampus UNIMUS 17 Februari 2018.

Dengan mengangkat judul “ Efektifitas Ekstrak Buah Kawis Sebagai Bioinsektisida Sediaan Anti Nyamuk Elektrik Terhadap Kematian Nyamuk” tim dari SMK Avicenna Lasem yang beranggotakan tiga siswa diantaranya  Mitha Alviani kelas X, Intan Afrida Zulfami kelas XI dan Zahrotun Nafisah siswi kelas XII, itu berhasil menumbangkan sekitar 20 peserta dari SMK kesehatan lain se-Jawa.

Diyah Afi Nurlaeli guru pembimbing SMK Avicenna Lasem, kepada CBFM, Selasa (20/2/2018) mengatakan, semula ada beberapa pilihan bahan untuk diambil manfaat sebagai obat anti nyamuk namun tim sepakat memilih buah kawis mengingat buah tersebut khas Rembang. Misi lain penggunaan buah kawis juga untuk mengenalkan buah khas Rembang ini ke dunia luar.

“Sebelumnya kita melakukan berbagai penelitian. Ada penelitian daun beluntas, kulit durian, daun kemangi, dan buah kawis. Kita memilih buah kawis karena kawis adalah buah khas Rembang. Dimana kita juga punya tujuann untuk memperkenalkan buah kawis di dunia luar,” terangnya.

Ia menjelaskan dari hasil penelitian tim buah kawis mengandung zat aktif yang berfungsi mematikan fungsi pernafasan serangga khususnya nyamuk. 

Obat anti nyamuk dari kawis juga aman dan tidak mengganggu kesehatan karena alami, beda dengan obat anti nyamuk dari bahan kimia. Pihak sekolah berkeinginan ke depan, obat anti nyamuk kawis ini diproduksi secara massal. (Ita/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3741249639977629066

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::