P3MD Pancur Pastikan Kegiatan Pembangunan Prioritaskan Pemberdayaan

-- --
Kasi PMD Sunarti Wilujeng saat berbincang dengan Pendamping Desa dan Pendamping lokal desa

PANCUR-cbfmrembang.com
– Menindaklanjuti hasil sosialisasi Dana Desa, Alokasi Dana Desa maupun Bagi Hasil Pajak dan Retribusi yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rembang di kecamatan Pancur, pihak kecamatan Pancur akan melakukan pendampingan dan fasilitasi secara intens bagi pemerintah desa khususnya terkait adanya program padat karya tunai yang akan menyerap tenaga kerja lokal.

Pemerintah Kecamatan Pancur melalui Kasi PMD Sunarti Wilujeng, menyampaikan rencana pendampingan kegiatan di desa yang digelar hari Selasa (27/2/2018) ini. Mereka mendampingi desa dalam menyusun APBDes.

“Besok pagi tanggal 27 Februari kami mengundang kepala desa, bendahara, dan sekretaris desa di pendopo kecamatan. Salah satu rangkaiaannya kami akan mendampingi pihak desa untuk menyusun APBDes 2018 dari semua sumber dana program. Setelah itu kami akan mendampingi penyusunan APBDes lanjutan. Pendampingan kami berikan secara cluster, satu hari mengundang enam desa setelah benar-benar fix akan dilanjut desa lain,” terangnya.

Ada beberapa hal yang harus digaris bawahi dan diperhatikan oleh pihak pemerintah desa yaitu tentang kebijakan 30% HOK tunai dan Peraturan Kepala Desa untuk membuat standarisasi harga. Penyusunan APBDes 2018 akan ditekankan untuk pemberdayaannya khususnya kegiatan yang bersumber dari Dana Desa.

Sementara untuk menjamin pelaksanaan program padat karya tunai yang bertujuan untuk menyerap tenaga kerja lokal, pihaknya akan melakukan verifikasi lapangan secara bertahap. Seperti yang disampaikan oleh salah satu Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Pancur, Fatoni.

“Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang tergabung dalam P3MD ( Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa) kecamatan Pancur sesuai tupoksinya yaitu mendampingi desa mulai dari perencanaan, realisasi sampai pertanggungjawaban akan memastikan pelaksanaan setiap kegiatan apakah sesuai peraturan atau tidak. Dalam hal ini kami akan melakukan verifikasi lapangan 0%, 50% sampai 100% kegiatan,” paparnya.

Terkait adanya program padat karya tunai, penyusunan jadwal kegiatan juga harus diperhatikan seperti yang disampaikan dalam pidato presiden misalnya pada saat di luar musim panen dimana pada waktu tersebut banyak orang yang tidak bekerja. (Ita/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Pemerintah 4813468571827973877

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::