Meski Tak Ada Regulasi APK Branding Mobil, Panwas Ingatkan Paslon

-- --
Ketua Panwaskab, Totok Suparyanto

REMBANG-cbfmrembang.com, Ada satu hal yang sulit dikategorikan pelanggaran pada masa kampanye pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, yaitu tentang branding gambar pada mobil pribadi. Pasalnya tidak ada regulasi yang mengaturnya. 

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Su'ud kepada CBFM, Senin (26/2/2018) menjelaskan jika bentuk alat peraga kampanye yang terbranding di mobil bukanlah desain dari KPU maka bisa ditertibkan. Terlebih jika dipasang pada angkutan umum, tentu diperintahkan untuk mencopot.

"Mekanismenya dilaporkan ke Panwaslu Kabupaten terlebih dahulu. Bersama intansi terkait dilakukan penertiban," tegasnya.

Ditambahkan, branding gambar paslon  di kendaraan pribadi selama tidak merubah warna kendaraan mungkin saja diperbolehkan. Namun jika memasang unsur yang terdapat dalam kertas suara tentu merupakan pelanggaran.

Terpisah, Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang Totok Suparyanto membenarkan tak adanya regulasi branding alat peraga kampanye pada mobil pribadi. Tentunya hal itu memusingkan jajaran panwas karena tak ada dasar untuk menertibkan.

"Memang tak ada aturannya. Namun untuk yang terpasang di angkutan umum akan dikoordinasikan dengan Dishub. Sedangkan mobil yang dihiasai gambar paslon akan diperiksa oleh Satlantas, khususnya diteliti STNK terkait kesesuaiannya," cetus dia.

Untuk itu pihaknya meminta paslon menginstruksikan tim suksesnya supaya bijak dalam hal membranding mobil sebagai media kampanye. Jangan terkesan jor-joran memancing ketertarikan warga khususnya pendukung paslon agar tak ikut membranding mobilnya.

"Jangan asal branding jika tak ingin ditertibkan paksa," tandasnya. (Heru/Mifta)


Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3995606856086216068

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::