Pemkab Dorong Kualitas Rastra Tak Jelek Lagi

-- --
Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto saat ditemui awak media seusai rakor Rastra 

Rembang-cbfmrembang.com, Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto  mencatat beberapa hal penting terkait penyaluran beras sejahtera (rastra) seusai memimpin rakor belum lama ini. Hal utama mesti dilakukan Bulog setempat agar menjaga kualitas untuk pesaluran pada Februari dan selanjutnya.

Wabup Bayu Andriyanto sampaikan sebagai catatan yakni rastra merupakan beras medium. Dengan kualifikasi patahan 20%, meniran 2% dan kadar air maksimal 14.

"Untuk seterusnya bulog harus menyiapkan quality control (QC) yang bisa memastikan beras dalam kondisi layak," cetusnya.

Lanjut Wabup Bayu Andriyanto sebelumnya masih ada kualitas beras yang tidak layak. Maka dalam hal ini perlu komitmen dari Bulog bisa menjamin kualitas rastra yang akan dibagikan.

Ditambahkan, penyaluran rastra harus sesuai dengan data yang terlampir didalam KPM penerima rastra dan untuk menyaluran bulan Januari masih menggunakan data lama. Adapun distribusi rastra bulan Februari perlu dilakukan pemutakhiran data melalui musyawarah desa/kelurahan yang diperkenankan mengganti data penerima rastra untuk kategori NON PKH dengan alasan meliputi meninggal, pindah, kini katagori warga mampu.

"Data perubahan musyawarah desa/kelurahan harus selesai pada tanggal 15 Februari dan sudah diterima oleh Tikor (Tim Koordinasi) Kabupaten, untuk seterusnya dibuatkan SK kan oleh Bupati Rembang yang akan digunakan untuk penyaluran rastra pada 25 Februari," imbuhnya.

Terpisah, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Rembang Joko Suprihadi mengatakan sebenarnya telah berulang kali dilakukan sidak ke Gudang Bulog Rembang, untuk memastikan kualitas rastra yang disalurkan. Hanya saja karena tak menyaksikan secara langsung proses pengepakan maka tak diketahui secara jelas kondisi beras yang sudah dipaking dalam sak.


"Sebatas diterima informasi rastra merupakan beras hasil panen sepanjang tahun. Kalau ada yang jelek mungkin itu dari awal tahun yang akhir-akhir dibagikan namun jika berkutu dan tak layak konsumsi pasti rastra penyaluran sebelumnya yang dijual penerima dan kembali lagi ke Bulog," pungkasnya. (Heru)
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 3275224967398889631

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::