Puluhan Kapal Cantrang Melaut Tanpa Dokumen

-- --
Kapal cantrang yang sudah berangkat melaut meskipun tanpa dokumen, nelayan memilih berangkat melaut karena tak sabar menunggu aturan yang saru
REMBANG - cbfmrembang.com, Puluhan kapal cantrang di Kabupaten Rembang sudah berangkat melaut tanpa membawa dokumen admistrasi berlayar resmi yang dikeluarkan pihak Kementrian KKP.

Keberangkatan nelayan atas sepengetahuan pihak Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tasikagung. Setiap kapal berangkat dengan membawa dokumen berupa petisi yang pernah ditanda tangani Bupati Rembang, Abdul Hafidz..

Ketua Asosiasi Nelayan Dampo Awang Bangkit Suyoto mengaku, jika menunggu aturan cantrang yang baru dari Kementrian KKP, memerlukan waktu yang lama, sehingga nelayan tak sabar. Yang menjadi patokan para nelayan adalah intruksi Presiden, dan surat telegram Kapolri, melalui Kapolda wilayah setempat.

"Sebagian sudah ada yang berangkat, kalau menunggu aturan dari KKP ya gak berangkat-berangkat. Karena ada kaitanya dengan mencari nafkah atas dasar intruksi Presiden dan telegram dari Kapolri. Sudah ada 20 kapal cantrang," kata Suyoto.

Plt Kepala Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tasikagung Japar Lumban Gaol mengatakan, gerai pengurusan perpanjangan izin cantrang yang dijadwalkan buka tanggal 07 Februari batal, dan kembali dijadwalkan tanggal 12 Februari.

Sehingga nelayan  belum dapat mengajukan perpanjangan SIPI bagi kapal cantrang di atas 30 GT.

"Itu surat dari KKP yang rencananya ada pendataan alat tangkap cantrang, tapi ada penundanaan kembali melalui sms, jadi diundur 12 Februari 2018 mendatang." 

Di kantor PPP Tasikagung, baru ada satu kapal cantrang dibawah 30 GT memperpanjang Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI). Sedangkan kapal cantrang berkapasitas diatas 30 GT, masih menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. (Asmui/Mifta )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 7272360627163102802

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::