Cegah Penyakit Zoonosis, Dintanpan Aktif Sosialisasi

-- --
Peserta Memperoleh Sosialisasi Penyakit menular Ternak

PANCUR-cbfmrembang.com, – Guna mengantisipasi terjadinya penularan penyakit ternak ke manusia, Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) kabupaten Rembang menggelar sosialisasi penyakit menular ternak. Sosialisasi digelar pada hari Kamis (22/3) di pendopo kecamatan Pancur dengan peserta Tim Penggerak PKK desa kecamatan Pancur dan Pamotan.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Rembang Idam Rachmadi mengatakan sosialisasi bertujuan mengenalkan penyakit hewan yang bisa menular ke manusia (zoonosis).

“ Contoh dari zoonosis meliputi  isonosis, listeriosis,salmonellosis, antraks, flu burung. Harapannya nanti ibu-ibu paham ada bahaya laten di sekitar kita meskipun di Rembang masih bebas beberapa penyakit tertentu. Kalau flu burung pernah ada sekitar tahun 2008, ” terangnya.

Meskipun di Rembang minim sekali kasus penularan penyakit hewan ke manusia, namun resiko terjadinya kasus akan tetap ada. Apalagi melihat jalur perdagangan saat ini sudah sangat luas. Tidak menutup kemungkinan hewan dari luar daerah yang sudah terinfeksi penyakit masuk ke Rembang, maka pihaknya meminta masyarakat segera melapor jika menjumpai penyakit yang aneh. 

“Ketika ada penyakit aneh, segera lapor ke petugas peternakan terdekat. Kemudian kita akan tindak lanjuti ke lapangan dan kita ambil tindakan jika mengarah ke penyakit yang membahayakan atau zoonosis,” tegasnya.

Setelah mendapatkan sosialisasi, peserta diharapkan bersedia menyebar luaskan informasi ke masyarakat agar lebih berhati-hati karena penularan penyakit bisa melalui banyak media bahkan secara langsung. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi daging hawan yang sudah terinfeksi. (Ita/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 7963741664781686894

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::