Fokmas Harap Sungai Babagan Ikut Ditata

-- --
Suasana susur sungai Babagan

LASEM-cbfmrembang.com, Menjelang terwujudnya Lasem sebagai Kota Pusaka ternyata menarik minat beberapa perguruan tinggi melakukan penelitian secara komprehensif. 

Setelah beberapa waktu lalu dikunjungi rombongan mahasiswa S2 Fakultas Tekhnik UGM Yogyakarta, belakangan ini didatangi mahasiswa dari ITB Bandung. Tak hanya bangunan kuno yang diteliti namun juga menyasar motif  batik tulis dan catatan sejarah perdagangan candu termasuk susur sungai untuk melihat akses keluar masuk perdagangan waktu itu.

Koordinator Forum Komunikasi Masyarakat Sejarah (Fokmas) Lasem Ernantoro mengatakan ketika mengantarkan para peneliti itu ada catatan yang menurutnya perlu ditindak lanjuti. Yakni tentang penataan sekaligus kebersihan sungai Babagan.

"Fokmas berharap Pemkab Rembang juga menata Sungai Babagan karena saat ini kondisinya kotor,” cetusnya.

Sementara Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam berbagai kegiatan sering menyampaikan pengembangan pariwisata di Kecamatan Lasem nantinya ditunjang dengan adanya Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL). Fokus pada 6 titik meliputi Desa Gedongmulyo, Soditan, Karangturi, Babagan, Dorokandang dan Sumbergirang. Pendanaan selain dari pemkab juga didukung anggaran pemerintah pusat dan provinsi.(Heru/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5581593735631294931

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::