Impian Miliki Peralatan Modern Panen Garam Terwujud

-- --
Mesin pemanen garam mudah dioperasionalkan

REMBANG-cbfmrembang.com, Proposal yang diajukan tahun lalu oleh beberapa kelompok petani garam asal Kabupaten Rembang, memperoleh jawaban. Sarana dan prasarana alat panen garam modern yang diimpikan kini sudah ada di depan mata.
  
Sebanyak 15 unit alat panen bermesin bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah diterima Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (Dipermades) Kabupaten Rembang. Secara resmi bantuan modal kerja tersebut telah disalurkan ke lima desa pemohon.   

Kabid Kerja sama dan Pegembangan Kawasan Perdesaan pada Dipermades Arif Dwi S dihubungi Jumat (16/3/2018) menjelaskan dari Kemendes PDTT memang mengakomodir permintaan bantuan peralatan kerja dalam bentuk apapun dengan catatan yang mengajukan BUMDes. Untuk Kabupaten Rembang memang banyak yang mengajukan namun pilihan jatuh pada petani garam yang ingin memiliki alat panen modern tak harus mengeruk seperti sedia kala.

Arif jelaskan ada lima BUMDes yang mengajukan proposal dan direalisasi permohonannya, meliputi Desa Dasun dan Gedong Mulyo dari Kecamatan Lasem, Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang, Desa Purworejo dan Dresi Wetan Kecamatan Kaliori.

Terkait pengelolaan alat, pihaknya belum bisa menjawab karena terlebih dahulu akan dibahas pada rembug desa namun mestinya dikenakan biaya untuk mengisi kas BUMDes tetapi harus terjangkau agar tak memberatkan petani garam. 

“Nantinya akan dikelola oleh desa melalui BUMDes. Kalau masalah sewa, mestinya kalo BUMDes ya nyewa sehingga hasilnya bisa masuk BUMDes,” tuturnya.

Ditambahkan, nantinya uang sewa bermanfaat untuk biaya perawatan dan perbaikan bila alat panen garam mengalami kerusakan. Adapun tenaga servis diyakini bisa dikerjakan oleh warga setempat yang membuka bengkel mobil karena mesin yang terpasang bukan jenis rumit yang butuh tekhnisi khusus untuk memperbaiki jika sewaktu-waktu rusak. (Heru/Mifta)



Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2721821195006732776

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::