Jajaran Puskesmas Kaliori Datangi Warga Meteseh

-- --
Petugas Puskesmas Kaliori saat berkunjung ke rumah warga Meteseh

KALIORI-cbfmrembang, Jajaran Puskesmas Kaliori, menggelar pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS PK) di desa Meteseh. 

Kegiatan pendataan keluarga dengan sasaran 800 Kepala Keluarga (KK) yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu Selasa dan Rabu melibatkan 27 petugas didampingi perangkat desa dan kader kesehatan desa.

Kepala Puskesmas Kaliori,  Suzana Asih Iranti mengatakan kegiatan tersebut untuk mengetahui taraf tingkat kesehatan masyarakat desa Meteseh. 

"Dari kunjungan ini diharapkan kita dapat mengetahui taraf tingkat kesehatan melalui keluarga. Kita sekalian pemantauan jentik dan survei mawas diri dari pihak desa ke warga agenda tahun 2019," ujarnya. 

Dalam pelaksanaan PIS PK ini mendata 12 indikator utama status kesehatan sebuah keluarga meliputi Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB), Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif, Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan serta Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar.

Selain itu penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan, Anggota keluarga tidak ada yang merokok, Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Keluarga mempunyai akses sarana air bersih maupun Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat.

Ia mengungkapkan jika dalam kunjungan itu ditemukan ketidaksesuaian dengan 12 indikator status keluarga sehat, maka pihak keluarga diberi penyuluhan. Sedangkan ada anggota keluarga terdapat lanjut usia (lansia) supaya mengikuti pos pembinaan terpadu (posbindu) di desa setempat. (Masudi/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

kesehatan 8546250163817382552

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::