Kirab Budaya Dan Tumpeng Warnai Sedekah Bumi Desa Mrayun

-- --
Salah satu peserta kirab sedekah bumi desa Mrayun

SALE- cbfmrembang.com, Berbagai kegiatan digelar dalam sedekah bumi desa Mrayun kecamatan Sale, mulai lomba anak – anak, lomba cabang olahraga, pagelaran ketoprak. Sebagai puncak acara adalah kirab budaya dan tumpeng. Sejumlah gunungan yang dibawa oleh 5 dukuhan desa Mrayun di arak mulai dari lapangan dukuh Ngablak hingga SMPN 1 Sale.

Salah satu warga desa setempat Suyadi mengatakan, acara yang digelar setiap tahun ini mempunyai maksud sebagai ajang silaturahmi masyarakat, selain itu juga untuk nguri budaya dan wujud syukur kepada Tuhan YME.

“Yang pertama jelas sebagai ajang silaturahmi baik warga setempat maupun pendatang. Kedua sebagai wujud pelestarian budaya yang ada jangan sampai anak-anak jaman sekarang lupa dengan budayanya sendiri. Selain itu juga sebagai wujud rasa syukur kepada Allah atas rizqinya dalam bentuk hasil panen yang melimpah,” ungkapnya.

Sedekah bumi diadakan setiap tahun seusai panen sawah tadah hujan. Dalam rangkaiannya juga ada khol Mbah Kidam merupakan saudara Eyang Sambu yang juga sebagai cikal bakal desa Mrayun.

Peserta juga menampilkan berbagai kostum unik

Kirab tumpeng dan budaya mendapat apresiasi positif dari pemerintah kecamatan Sale. Kunardi Camat Sale mengaku salut dengan animo masyarakat yang begitu besar mengikuti dan menyaksikan kirab untuk rayakan sedekah bumi.

“Pemerintah kecamatan Sale memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat desa Mrayun yang mengadakan sedekah bumi. Harapan saya apa yang sudah diadakan di desa Mrayun ini bisa ditiru di desa lain. Yang mengadakan kirab budaya dan tumpeng pada saat sedekah bumi baru ada tiga desa,”  tandasnya

Sementara itu Bupati Rembang Abdul Hafidz juga tampak hadir dan memberangkatkan Kirab Budaya dan Pawai Gunungan. (Ita/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6008904348512422906

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::