Masyarakat Berpeluang Ikut Awasi Pilgub

-- --
Ketua Panwas Kabupaten Rembang, Totok Suparyanto

REMBANG-cbfmrembang.com, Jika sebelumnya tugas pokok dan fungsi pengawasan pemilihan umum (pemilu) hanya ditangani Bawaslu Pusat, Provinsi, Panwas koto ataupun Panwas kabupaten , Panwascam dan PPL, kini terbuka peluang bagi warga untuk ikut berperan.  Jumlahnya bahkan tak dibatasi dengan catatan sebelumnya telah mengikuti seleksi. 

Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang Totok Suparyanto mengatakan terkait hal tersebut telah berulang kali disosialisasikan kepada elemen masyarakat, Ormas, LSM, Media dan Mahasiswa. Didorong agar tumbuh semangat ikut andil turut mengawasi jalannya pesta demokrasi lima tahunan baik pilkada, pileg dan pilpres. 

Sewaktu ditanyakan istilah pengawas independen oleh Totok Suparyanto disebutkan tidak demikian melainkan pengawas partisipatif. Berasal elemen masyarakat dimana jumlahnya tak ada batasan dengan mekanisme terlebih dahulu mendaftar di Kantor Panwaskab. 

"Bukan pengawas independen tetapi pengawas partisipatif yang berasal LSM, Ormas atau elemen masyarakat, kalau media kan memiliki fungsi kontrol. Proses seleksi menunggu arahan dari Bawaslu Pusat," tuturnya. 

Ditambahkan, khusus untuk pengawas partisipatif pada pileg dan pilpres memang ada anggarannya tetapi dan tekhnis seleksi belum ada kejelasan. Diharapkan saat nanti pendaftaran dibuka akan banyak peminatnya mengingat tak ada batasan jumlah personel yang bakal direkrut. (Heru/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4709702164756744183

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::