Menikah Dibawah Umur Berhak Peroleh EKTP

-- --
E KTP tampak belakang

REMBANG-cbfmrembang.com, Undang-Undang nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan menetapkan bahwa penduduk Warga Negara Indonesia dan orang asing yang memiliki izin tinggal tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki KTP.

Terkait anak dibawah umur telah menikah berhak memperoleh EKTP hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rembang, M Daenuri. Dihubungi Kamis (22/3) dikatakan jika pernikahan dilakukan secara resmi pastinya bisa mengurus dan mendapat EKTP. 

"Ketentuan tetap berlaku, kalau sudah nikah meski belum tujuh belas tahun akan dibuatkan EKTP. Syarat pengurusan dengan menunjukkan buku nikah," ujarnya.

Sedangkan bagi anak dibawah umur yang nikah siri lanjut Daenuri sampai saat ini belum ada ketentuan yang membolehkan untuk mendapat EKTP. Pihaknya mendengar dalam waktu dekat akan ada pembahasan oleh stakeholder terkait.

Terpisah, Nurul Muasiroh selaku Komesioner KPU Kabupaten Rembang Divisi Pemutakhiran Data menyebutkan pihaknya juga menunggu putusan sidang isbat. Kalau nanti hasilnya dibolehkan mendapat EKTP tentu disikapi oleh KPU Kabupaten karena mereka mempunyai hak pilih pada pemilu yang pastinya harus didaftar sebagai pemilih.

Data dari Pengadilan Agama (PA) Rembang untuk dispensasi nikah dimana salah satu atau kedua mempelai di bawah umur kini cenderung menurun angkanya. Kurun waktu 2017 sebanyak 56 perkara, jumlah tersebut turun 10 dibanding sebelumnya yang mencapai 66 perkara sedangkan untuk tahun ini, hingga Maret sudah ada 13 permohonan dispensasi nikah. (Heru/mifta) 

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8198695508468729666

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::