Pemkab Rembang Kembali Luncurkan Beasiswa Perguruan Tinggi

-- --
Kantor Dinas Pendidikan Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Setelah sukses pada program beasiswa perguruan tinggi pada 2017 lalu, Pemerintah Kabupaten Rembang tahun ini kembali membuka pendaftaran beasiswa untuk pergurun tinggi negeri bagi siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Pendaftaran dibuka melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dindikpora).

Kepala Pendidikan Rembang Mardi melalui Kabid Pembinaan SMP Sulkan belum lama ini mengadakan, sosialisasi program beasiswa prestasi pendidikan tinggi dengan perwakilan sejumlah sekolah SMA sederajat. Seadangkan kuotanya ditambah dua kali lipat, yaitu 60 peserta.

Sulkan menyebut, beasiswa prestasi pendidikan tinggi merupakan salah satu program unggulan pemkab Rembang yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah atau RPJM periode 2016-2021.

Pemberian beasiswa, merupakan wujud nyata komitmen Pemkab dalam perluasan akses pendidikan tinggi, khususnya di Kabupaten Rembang. Selain itu, beasiswa yang diberikan
kepada keluarga kurang mampu, digadang mampu menyelesaikan persoalan kemiskinan.

Sementara itu Kasubag program Nugroho membeberkan, untuk komponen beasiswa yang diberikan dalam bentuk uang, yang meliputi biaya kuliah tunggal dan biaya hidup selama diperguruan. Jumlahnya dana yang akan dikeluarkan Pemkab Rembang adalah Rp 9 juta per semester.

"Besaran biaya hidup dibayarkan minimal 9 juta per semester dengan ketentuan penerima beasiswa PT didalam wilayah kabupaten Rembang sebesar dua juta seratus ribu rupiah, dalam wilayah propinsi jawa tengah dan DIY sebesar 6 juta, wilayah propinsi jawa timur dan jawa barat masing-masing sebesar tujuh juta delapan ratus ribu rupiah, dan untuk wilayah propinsi DKI jakarta sebesar 9 juta" ungkapnya.

Program ini  dilaksanakan ditahun kedua, setelah tahun lalu ada 39 mahasiswa di 10 perguruan tinggi negeri yg mendapatkan  beasiswa ",jelas Nugroho.

Untuk tahun ini setelah dilakukan sosialisasi, akan dilanjutkan pendaftaran dimulai 1 juni - 18 agusttus 2018, seleksi administrasi 20-25 Agustus, tes tertulis 27-31 Agustus. Sedangkan pengumuman akan dilakukan pada 10 September,  dan 17 september 2018
 akan dilakukan penetapan penerimaan. Untuk informasi lebih jelasnya dapat ditanyakan ke dinas pendidikan atau pihak sekolah SMA sederajat. (Affandi/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4336522160954060017

Post a comment

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::