Penerbitan Akte dan KTP di Dindukcapil

-- --
Sejumlah warga sedang mengurus Akte Kalahiran

KALIORI-cbfmrembang.com, Penerbitan surat kependudukan baik Akte Kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) kabupaten Rembang. Pasalnya, berdasarkan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di Dindukcapil tidak ada Unit Pelayanan Teknis (UPT) di tiap-tiap kecamatan.

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Dindukcapil Kabupaten Rembang - Eko Haryanto saat Musrenbangcam baru- baru ini mengatakan amanat Undang-undang (UU) administrasi kependudukan berbunyi pembuatan akte dan penerbitan KTP harus di Dindukcapil kabupaten. Pasalnya, akte kelahiran membutuhkan tanda tangan dan cap basah. 

“KTP maupun Akte pertanyaan ini pertanyaan klasik dari tahun ke tahun. Saya pernah dipanggil Bupati terkait pelayanan akte dan KTP. Kami sudah menjelaskan kami tidak bisa berbuat banyak, karena amanat undang-undang administrasi kependudukan berbunyi bahwa pembuatan akte dan penertiban KTP harus di Dindukcapil, seperti akte dan KTP itukan ada tanda tangan tanda tangan dan cap basah,” terangnya.

Eko Haryanto menjelaskan penerbitan surat kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) seharusnya ada tanda tangan dan cap basah Dindukcapil. Namun kebijakan Bupati Rembang, Abdul Hafidz, KK bisa dilayani di kantor kecamatan mengingat data KK sering berubah sehingga sering diperbarui.

Sebelumnya, Kepala Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Sutono, dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam), di Pendopo Kecamatan Kaliori, baru-baru ini, mengusulkan agar permohonan penerbitan KTP bisa dilaksanakan di kecamatan seperti halnya penerbitan KK. (Masudi/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3827439492866749600

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::