Penggunaan Kartu Tani Terus Disosialisasikan

-- --
Sosialisasi Kartu Tani di Pendapa Kec. Pamotan

PAMOTAN-cbfmrembang, Kartu Tani mulai diberlakukan per 1 Januari 2018, namun masih banyak kesulitan ditemui. Menyikapi hal itu Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang menggelar sosialisasi kartu tani di seluruh kecamatan termasuk di pendopo kecamatan Pamotan. 

Dengan menghadirkan kelompok tani, kepala desa, pengecer pupuk bersubsidi, dan petugas lapangan, Instansi terkait memaparkan maksud dan tujuan penggunaan kartu tani serta sharing solusi apabila ada permasalahan dalam penggunaan kartu tersebut.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupetan Rembang Ika Himawan menyampaikan dengan adanya kartu tani akan membantu pemerataan penerimaan pupuk bersubsidi sehingga tepat sasaran. Selain itu juga untuk mengantisipasi penjualan pupuk diluar harga standart. 

“Petani yang memiliki kartu tani bisa menebus pupuk bersubsi dengan Harga Ecer Tertinggi (HET). Di kartu tani terdapat rekaman transaksi dan patokan harga. Misal petani ingin beli 1 sak pupuk urea, sekali gesek saldonya akan berkurang Rp.90ribu atau sesuai harga 1 sak urea. Sehingga pengecer tidak bisa menjual dengan harga lebih. Jumlah pupuk yang bisa ditebus seorang petani sesuai dengan kuota miliknya yang sudah tercatat dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK),” terangnya.

Untuk memperoleh kartu tani, petani harus mendaftar terlebih dahulu dengan syarat yang ditentukan. Juga melaporkan luasan lahan yang dimiliki untuk dicatat dan sebagai dasar menghitung kuota pupuk yang bisa ditebus. Data dari tiap petani dihimpun oleh kelompok tani kemudian dibuat Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

Tidak ada syarat minimal luasan lahan agar bisa memperoleh kartu tani karena memang pemerintah berniat memfasilitasi semua petani tidak terkecuali petani kecil. Namun ada batas maksimal yakni 2 hektar.

Permasalahan teknis mungkin akan menjadi hambatan yang akan sering dijumpai dalam pengguanaan kartu tani. Dan dalam hal ini pemerintah tidak akan saklek, nanti aka nada petugas lapangan yang siap membantu dalam penggunaan kartu tani yang terpenting petani bisa mendapatkan pupuk dengan mudah. (Ita/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 207991555606039040

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::