Antisipasi Gugur Hak Pilih, Pemkab Maksimalkan Pelayanan Perekaman E-KTP

-- --
Kabid Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dindukcapil Kabupaten Rembang Eko Haryanto

PAMOTAN–cbfmrembang.com,  Guna menggenjot kepemilikan KTP elektronik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang melakukan beberapa gebrakan salah satunya dengan memberikan undangan by name by addres kepada warga yang dalam database dinas terkait belum melakukan perekaman.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dindukcapil Kabupaten Rembang Eko Haryanto mengatakan, Apalagi mengingat Undang-Undang pemilu tahun 2018 tentang syarat pemilih harus menyertakan KTP elektronik atau Surat Keterangan (Suket), maka kepemilikan KTP elektronik harus dimaksimalkan. 

“Kita kejar untuk masalah perekaman. Karena berdasarkan Undang – Undang pemilu, untuk Pilgub 2018 harus menggunakan KTP el atau surat keterangan (suket). Bahkan untuk pemilu 2019 hanya bisa menggunakan KTP el, suket sudah tidak berlaku. Maka apabila masyarakat tidak segera mengurus, tidak segera melakukan perekaman tentu akan kehilangan hak pilihnya,” tandasnya.

Sasaran percepatan perekaman berlaku untuk semua masyarakat yang sudah memenuhi syarat dan yang sudah mempunyai hak pilih tanpa terkecuali. Karena itu, Dinducapil juga berupaya memfasilitasi warga masyarakat yang tidak mampu datang ke kantor kecamatan untuk melakukan perekaman salah satu contohnya adalah orang-orang difabel.

“Solusi untuk orang yang mempunyai keterbatasan seperti difabel, lansia, dan sebagainya, kami juga mengharapkan peran serta aktif dari masyarakat atau pemerintah desa untuk mendata orang-orang tersebut kemudian menyurati kami. Namun kami juga minta untuk dilakukan secara kolektif, dikoordinir untuk beberapa desa di sekitarnya setelah itu kami akan datang dan bisa melayani perekaman di sana,” terangnya.

Dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang jumlah warga yang belum melakukan perekaman mencapai 12ribu jiwa, setelah disandingkan dengan database yang dimiliki Dindukcapil ada 8ribu jiwa yang belum melakukan perekaman. (Ita/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 9197050368329875315

Post a comment

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::