Data Kemiskinan Di Rembang Dimutakhirkan

-- --
Pelatihan Admin SLRT-MPM di kecamatan Pamotan

PAMOTAN–cbfmrembang.com, Untuk menghasilkan data kemiskinan yang valid, pihak desa diminta pro aktif menggali kondisi penduduk di wilayahnya. Selain itu juga diperlukan kejelian dari Admin Sistem Layanan Rujukan Terpadu Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (SLRT-MPM) Desa dalam merekam hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang dilaksanakan di desa dalam pemutakhiran data kemiskinan.

Maka dari itu Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DinsosPPKB) Kabupaten Rembang menggelar pelatihan untuk Admin Sistem Layanan Rujukan Terpadu Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (SLRT-MPM). Pelatihan salah satunya digelar di kecamatan Pamotan, bertempat di pendopo kecamatan setempat dengan menghadirkan Kepala Desa dan petugas admin, Kamis (5/4/2018).

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DinsosPPKB) Kabupaten Rembang Dwi Martopo di mengatakan, meskipun ini baru namun diharapkan admin mampu mengolah dan menginput data dengan valid.


“Ini pelatihan pertama ya, selama ini belum ada. Data kemiskinan updatenya belum dilakukan. Jadi melalui SLRT-MPM ini, admin yang ditunjuk dan ditugaskan di setiap desa diharapkan mampu mengolah dan menginput data secara baik sehingga data yang kami hasilkan itu data yang valid.”

Dikatakan, terakhir diadakan pemutakhiran data pada tahun 2015 dalam Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) tahun 2015. Dari hasil PBDT tahun 2015 tercatat 314.717 jiwa penerima manfaat, sedangkan jumlah penduduk kabupaten Rembang sekitar 625 ribu jiwa.

Dalam kurun waktu 3 tahun ini tentunya ada banyak perubahan data sehingga perlu dimutakhirkan. Perubahan bisa saja terjadi karena kematian, pindah rumah, dan perubahan kondisi ekonomi.

Dalam hal ini desa memutakhirkan data, mengganti, mengeluarkan, menghapus data orang yang sudah kaya atau meninggal yang selama ini masuk dalam data PBDT 2015. Dan dimungkinkan mungkin juga akan ada data orang miskin baru yang masuk. (Ita/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 438952403847670630

Post a comment

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::