Kreasi Busana Khas Rembang Dilombakan

-- --
Salah satu peserta lomba sedang mempresentasikan busana kreasinya

REMBANG-cbfmrembang.com, Tim Pengerak PKK Kabupaten Rembang bersama dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Rembang menggelar lomba kreasi baju kerja khas Rembang, Selasa (17/4/2018). Lomba yang diikuti oleh 60 peserta itu merupakan salah satu upaya untuk meramaikan Hari Kartini tahun 2018.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang, Hj Hasiroh Hafidz mengatakan lomba dimaksudkan untuk mengangkat kembali busana khas Rembang  yaitu baju terinspirasi dari kanung untuk laki-laki dan baju encim terinspirasi dari Lasem untuk perempuan. Baju Kanung dan Encim tersebut dikombinasikan dengan batik tulis Lasem dan border.

“Kabupaten Rembang kan punya batik tulis khas lasem, nah dengan kegiatan ini juga untuk mengenalkan batik tersebut. Dan nanti dikombinasikan dengan yang laki-laki busana khas Kanung dan yang cewek busana encim nanti bisa dipadukan dengan border, kan Rembang juga banyak border,” tuturnya disela memantau lomba.

Endang Wati peserta dari Tim SMK Sedan usai persentasi depan juri mengungkapkan, ia membuat rancangan busana kerja pria yang bermotif kapal layar dan buah kawis.

“Dengan mengangkat kekhasan daerah, dapat menjadi nilai jual bagi Kabupaten Rembang kedepan.”

Penilaian pertama peserta mempresentasikan busana karyanya di depan para juri. Di malam hadirnya busana hasil karya para peserta akan diperagakan oleh model di atas panggung.
Bagi busana yang terpilih menjadi pemenang, akan diusulkan untuk dikenakan PNS sebagai seragam kerja pada hari Sabtu di se- Kabupaten Rembang. (Mifta/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 3256145605131877163

Post a comment

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::