Melihat Langsung Reklamasi Pasca Tambang Semen Gresik di Tuban

-- --
Rombongan saat mengunjungi Bukit Herbal di komplek Pabrik Semen Gresik di Tuban

TUBAN-cbfmrembang.com, Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto, sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten Rembang, jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Kepala Desa ring satu pabrik semen gresik di Rembang berkunjung ke lokasi pabrik Semen Gresik di Tuban, Kamis (26/4/2018).

Rombongan disambut langsung oleh Dirut Utama Semen Gresik Mukhammad Saifudin di kantor Pusat Semen Gresik. Mereka diajak berkeliling ke beberapa titik seperti embung untuk menampung air kebutuhan pabrik dan pengairan sawah warga, kebun herbal, reklamasi lahan bekas tambang, kebun buah yang di buat oleh Semen Gresik dan kondisi sawah warga yang hijau dan berkunjung ke UMKM Binaan.

Wakil Bupati mengatakan bahwa kunjungan langsung ke pabrik semen gresik di Tuban untuk melihat secara langsung bagaimana penambangan yang dilakukan PT.Semen Gresik sampai dengan pengelolaan lahan pasca tambang dan bagaimana ketersediaan air yang mana sering dikhawatirkan sebagian masyarakat di dekat pabrik semen yang ada di Rembang.

"Tadi kita sudah melihat semuanya, reklamasi sangat baik dan berkelanjutan. Tanaman tumbuh dengan baik dan dan ketersediaan air tidak terganggu dan bermanfaat bagi warga sekitar," imbuhnya

Dengan penanganan reklamasi yang baik, justru akan menguntungkan daerah tersebut. Tanaman yang tumbuh lebih baik karena adanya pemeliharaan dari pihak Semen Gresik, setelah menjadi hutan kembali pasca ditambang lahan tersebut akan dikembalikan lagi kepada Negara.

Dirut Semen Gresik Mukhammad Saifudin mengungkapkan pihaknya sangat berkomitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan. Pelaksanaan reklamasi selalu dikonsultasikan dengan Perhutani. 

“Kita dalam mereklamasi selalu berkonsultasi dengan ahlinya, yaitu Perhutani. Tadi sudah dijelaskan lahan kita sekitar 700 hektar , yang sudah direklamasi tahap awal 29 hektar terus dilanjutkan terus sampai 90 hektar, 80 persen kita Tanami pohon jati,” ungkapnya.

PT. Semen Gresik dalam mengelola tambang memperhatikan kelestarian alam, termasuk memperhatikan keberadaan air bawah tanah. Aktivitas penambangan juga dibatasi sesuai yang ada pada aturan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

PT Semen Gresik sendiri telah mendapat beberapa kali penghargaan tentang pengelolaan lingkungan pertambangan. Setidaknya 3 kali yakni penghargaan  utama pengelolaan lingkungan pertambangan tahun 2016 dan 2017  serta tahun 2015 penghargaan serupa tingkat pratama. (Mifta/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 3675360158810552300

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::