PIK Remaja Desa Pangkalan Juara Tingkat Provinsi

-- --
PIK-R GEMAS saat dinilai tim BKKBN Prov Jateng


SLUKE – cbfmrembang.com, Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau (PIK) Generasi Remaja Sehat  Desa Pangkalan Kecamatan Sluke berhasil meraih juara pertama dalam ajang pemilihan PIK terbaik se Jawa Tengah. 

Pusat konseling yang berdiri dua tahun lalu itu, didaulat untuk mewakili Kabupate Rembang, dan masuk nominasi dari jalur masyarakat setelah mengirimkan profil company.

Setelah terpilih menjadi nominasi pada tanggal 28 Maret 2018 lalu, tim penilai dari BKKBN Provinsi Jawa Tengah mendatangi Desa Pangkalan untuk melakukan penilaian PIK-R GEMAS.

Pembina PIK-R GEMAS Mohammad Farid Nur Roziqien kepada reporter CBFM, Sabtu (7/4/2018) mengatakan, ada beberapa aspek yang menjadi obyek penilaian diantaranya pengelolaan PIK-R dan kemampuan menjadi konselor dan pendidik sebaya.

“Yang dinilai tentang pengelolaan PIK-R seperti administrasi dan dokumentasi. Dan yang paling penting adalah kita dituntut untuk bisa menjadi konselor dan pendidik sebaya yang baik, karena memang itulah fungsi dari PIK-R,” bebernya.

Ia menambahkan tahun pertama pembentukan semua kegiatan dilakukan secara mandiri. Berkat adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah desa setempat, mulai tahun 2018 mendapat support anggaran dari Dana Desa.

“Pendanaan kita mendapat bantuan dari Dana Desa (DD) tahun 2018 ini, sebelumnya kita mandiri seperti iuran anggota perbulan dan mencari donatur.” ungkapnya.

Berbagai kegiatan remaja juga sudah pernah digelar, seperti diskusi tentang HIV/AIDS, NAPZA, dan Permasalahan Seksualitas. Selain itu, diskusi tentang Penundaan Usia Pernikahan, berlatih dan pentas seni drama, pengelolaan madding, jasa konsultasi remaja, serta pelatihan make-up, dan ikut andil dalam kegiatan desa.

Dalam ajang ini, PIK-R GEMAS Sluke berhasil mengalahkan PIK-R perwakilan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo yang terpilih dalam nominasi. (Ita/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 647428217208511725

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::