Satgas dan Relawan Bencana Dilatih Penyelamatan di Tebing

-- --
Peserta Sekolah Vertical Rescue berlatih di tebing Gampeng Retjo 

SALE –cbfmrembang.com, Menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April 2018, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang bekerja sama dengan Komunitas Rembang Bergerak (KRB) menggelar Sekolah Vertical Rescue di tebing Gampeng Retjo desa Bitingan kecamatan Sale selama tiga hari mulai (6 s/d 8 April 2018).

Sekolah penyelamatan di lokasi yang curam/terjal ini dipandu oleh tim dari Vertical Rescue Indonesia. Ada 43 peserta mengikuti sekolah tersebut, terdiri dari 12 orang Satgas BPBD, 8 relawan BPBD, dan 23 relawan independent dari dalam maupun luar kabupaten Rembang seperti Pekalongan, Magelang, Yogyakarta, Semarang, Tuban, Lampung, dan Medan.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Rembang, Risangsoko mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para relawan dan kader BPBD saat melakukan penyelamatan dari ketinggian.

“Jadi tujuan kegiatan ini jelas untuk mempersiapkan para relawan dan kader BPBD untuk mengantisipasi dan mempersiapkan diri dalam upaya penyelamatan dari ketinggian. Meskipun Kabupaten Rembang termasuk daerah yang tingkat kerawanan bencananya rendah. Namun, bukan berarti kita tidak perlu mempersiapkan diri. Selain itu, kita juga bisa mengirimkan bantuan ke daerah lain yang membutuhkan,” ungkapnya.

Dalam sekolah vertical rescue peserta memperoleh banyak materi tentang cara bergerak di ketinggian dengan aman. Tedy Ixdiana komandan Vertical Rescue Indonesia mengatakan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti bagaimana mendeteksi potensi bahaya di ketinggian. 

Bahaya terkait keterjalan, seperti tebing, jurang, bangunan tinggi, antena dan sebagainya.  Juga tentang bagaimana memindahkan dan mengevakuasi korban apakah harus dinaikkan, diturunkan atau dipindahkan.

“Ketika ada informasi korban harus dievakuasi,pertama harus membaca kekuatan, seberapa sulit untuk menjangkau,seberapa sulit untuk mengevakuasi tentu terkait dengan kemampuan dan peralatan yang kita punya,” terangnya.

Melihat antusias dan semangat peserta, diperkirakan dalam waktu tiga hari sudah cukup untuk mempelajari semua materi yang diberikan. (Ita/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 2696867917060868039

Post a comment

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::