Siswa SD Diajak Nonton Film Dokumenter RA Kartini

-- --
Siswa-siswi SDN Sumberjo 1 saat menonton film dokumenter RA Kartini

REMBANG-cbfmrembang.com, Ratusan siswa SD menonton film dokumenter Raden Ayu Kartini di ruang bioskop mini di komplek Museum RA Kartini Rembang, Kamis (5/4/2018). Tak hanya itu saja sebelumnya mereka juga diajak melihat-lihat koleksi barang peninggalan Pahlawan Emansipasi Wanita di Museum.

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Puji Purwati, Kamis (5/4/2018) mengatakan pihaknya mengundang 40 sekolah SD yang ada di wilayah kecamatan Rembang. Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 2 sampai 13 April 2018.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih dalam kepada anak-anak tentang sejarah RA Kartini, termasuk perjuangannya memperjuangkan nasib perempuan. Dengan melihat langsung akan lebih efektif dan anak-anak lebih senang dalam belajar sejarah Kartini khususnya menonton film documenter berdurasi 15 menit itu.

“Dengan datang ke museum anak- anak bisa mengetahui sejarah RA Kartini, di museum ada benda- benda peninggalan Kartini yang akan dijelaskan oleh guide.  Setelah itu anak- anak diajak melihat film documenter Kartini, harapannya anak- anak bisa terinspirasi tentang perjuangan dari Kartini selama menonton film,” ungkapnya.

Salah satu guru SDN 1 Sumberjo Kecamatan Rembang, Sasminto mengapresiasi program dari Pemkab Rembang untuk mengajak anak- anak untuk bisa mengenal lebih dekat RA Kartini.

“Saya kira bagus sekali, pertama untuk memperkenalkan sejarah terutama sejarah pahlawan dari Rembang sendiri. Memang seharusnya anak- anak mengetahui sejarah RA Kartini, karena dikhawatirkan generasi muda sudah luntur dalam mengenal pahlawan-pahlawan nasional termasuk pahlawan yang ada di daerahnya sendiri,” tuturnya.

Rencana ke depan Dinbudpar akan memberikan kesempatan yang sama bagi pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat. (Mifta/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 98948161055790681

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::