Pemberian Gizi Seimbang Cegah Bayi Lahir Cebol

-- --
Bupati Abdul Hafidz Saat Memberikan  Sambutan Dalam Baksos KB Gratis

PAMOTAN–cbfmrembang.com, Pemenuhan gizi seimbang sangat penting apalagi saat mempersiapkan kelahiran seorang bayi. Apabila hal tersebut tidak diperhatikan akan memicu kemungkinan bayi lahir dalam kondisi stunting. 

Dari hasil riset bayi lahir stunting dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini mencapai 7 juta 8 ratus ribu dari jumlah seluruh kelahiran 23 juta bayi. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sambutannya saat membuka acara bakti sosial KB gratis di PKU Muhammadiyah Pamotan.

“Jumlah 23 juta bayi lahir, ada 7 juta 8 ratus ribu bayi yang lahir dalam kondisi stunting alias cebol. Kalau diprosentasekan ada 32% bayi kita lahir dengan tinggi badan kurang dari 48 cm. Yang namanya stunting, dari sisi postur jelas tidak kuat kemudian bisa mempengaruhi kesehatan psikis dan mental.” ungkapnya

Bayi lahir stunting disebabkan karena kurang gizi kronis dalam waktu yang lama. Salah satu cirinya yaitu bayi lahir dengan tinggi badan kurang dari 48 cm. 

Karena stunting dapat berdampak buruk bagi bayi maka bupati mengajak semua pihak untuk bersama-sama mencegah terjadinya bayi lahir stunting dengan menghimbau kepada setiap ibu untuk leboh optimal memperhatikan pertumbuhan bayi sejak persiapan kehamilan hingga 1000 hari kelahiran.

“Mulai nol di kandungan sampai 1000 hari, bayi harus benar-benar terawat. Merawatnya dengan rutin memeriksakan kandungan ke bidan minimal selama kehamilan ada 4 kali pemeriksaan. Dengan demikian, kemungkinan buruk ketika lahir dapat diketahui dan bisa cepat disikapi,” tegasnya.

Setelah kelahiran, bayi harus memperoleh perawatan terbaik hingga 1000 hari. Terutama untuk memberikan ASI eksklusif dan disambung ASI hingga berusia 2 tahun. 

Bupati menegaskan kepada setiap ibu jangan tidak memberikan ASI karena takut postur tubuh ibu rusak. Selain itu imunasisi lengkap juga harus diberikan kepada bayi. (Ita/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6891336022540908753

Post a comment

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::