Penanganan Masalah Kesehatan Perlu Peran Semua Sektor

-- --
Lokakarya Mini Lintas Sektor (Lokmin Linsek) di Puskesmas Pamotan

PAMOTAN-cbfmrembang.com, Permasalahan kesehatan akan dengan mudah teratasi dengan adanya kerjasama yang solid disemua sektor. Maka dari itu, Puskesmas Pamotan mengadakan Lokakarya Mini Lintas Sektor (Lokmin Linsek) dengan menghadirkan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Pamotan, dan mitra kerja Puskesmas. (30/4/2018)

Kepala Puskesmas Pamotan Dr. Nur Khotib mengatakan, kegiatan yang bertempat di aula Puskesmas Pamotan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Tujuannya adalah untuk melihat bersama-sama progres kegiatan Puskesmas dan menggali kemitraan dengan sektor lain.

“Perlu kami sampaikan bahwa Puskemas tidak bisa berjalan sendirian. Dalam menjalankan program kesehatan sangat berhubungan dengan meraka, lintas sektoral. Sehingga mereka kami ajak untuk mengetahui progressnya sampai mana, capaiannya sampai mana, permasalahannya sampai mana, kemudian mereka bisa bantu kira-kira  pada bagian mana bisa memberikan peranannya. Dengan begitu program kesehatan bisa lebih optimal,” terangnya.

Lokmin Linsek diawali dengan paparan tentang program yang telah dilaksanakan Puskesmas Pamotan dan potret kondisi kesehatan di kecamatan setempat.

Sedangkan Camat Pamotan M Wiyoto yang juga hadir dalam lokakarya tersebut mengapresiasi semua upaya yang telah dilakukan Puskesmas Pamotan. Menurutnya Puskesmas tidak hanya berbicara tentang mengobati orang sakit, tetapi juga tentang bagaimana mencegah penyakit.

“Salah satu tugas dari Puskesmas itu untuk mempromosikan kesehatan, tidak hanya mengobati orang sakit. Di sini sudah ada dokter yang khsusus menangani hal itu.  Dengan adanya promosi kesehatan bisa menjadikan orang yang tidak tahu menjadi tahu informasi penting tentang suatu penyakit. Menurut saya kalau semua orang punya pengetahuan seperti pak dokter, tahu semua tentang kesehatan tentu tidak ada orang yang sakit,” ujarnya.



Untuk memberikan informasi kesehatan bisa melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan. Misalnya adanya mata pelajaran dalam kurikulum yang membahas khusus tentang kesehatan atau pola hidup sehat. (Ita/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2141644619745805936

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::