BLT Dana Desa Diperpanjang Jadi 6 Bulan, Anggaran Bedah Rumah Boleh Disharing

-- --
REMBANG - Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa kepada keluarga miskin terdampak Covid-19 diperpanjang selama 3 bulan. Hal itu sesuai surat keputusan (SK) yang dikeluarkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memperpanjang masa penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa menjadi enam bulan dari yang sebelumnya hanya tiga bulan.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz menjelaskan, penambahan masa pemberian BLT berlaku untuk panerima sebelumnya. Bukan untuk data penerima baru. Namun besaran nominal BLT yang diberikan tidak sama dengan yang sebelumnya.

Pada tiga bulan pertama, lanjut Bupati Hafidz, keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan BLT sebesar Rp 600.000 per bulan. Sementara tiga bulan berikutnya KPM mendapat BLT sebesar Rp 300.000 per bulan.

Oleh karena itu, untuk mempercepat penyaluran BLT Dana Desa, pemerintah desa pun diminta secepatnya untuk mendesain ulang alokasi Dana Desa untuk BLT sebesar Rp. 300 ribu selama tiga bulan.

"Sk menteri keuangan yang intinya dana desa harus dikeluarkan lagi untuk warga masyarakat yang hari ini dapat selama 3 bulan. Setiap bulan Rp. 300 ribu, jadi kalau sebelumnya Rp. 600 ribu dibulan April, Mei, Juni ditambah Juli, Agustus, September. Artinya Kepala Desa harus merevisi APBdes untuk mencari lagi Rp. 300 ribu selama 3 bulan setelah 3 bulan yang sudah ditetapkan sebelumnya," jelasnya

Orang nomor satu di Rembang itu menambahkan, anggaran dana desa untuk bedah rumah yang diwajibkan pemerintah daerah melalui peraturan Bupati (Perbup), diperbolehkan disharing atau dibagi untuk digunakan memenuhi tambahan BLT. Namun hal itu tidak wajib dilakukan karena Kades diberi kebebasan untuk menggunakan strategi maupun kebijakan merevisi APBdes guna memenuhi tambahan BLT selama tiga bulan tersebut. (Rendi/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5489488156147281334

Post a comment

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::