Di Tengah Pandemi, Relawan Sampah Terus Bergerak

-- --
Saat para relawan sampah melakukan pemilahan di gudang bank sampah Desa Pragen, Kecamatan Pamotan
PAMOTAN - Meski di tengah pandemi wabah virus Corona, ternyata tak menyurutkan aktivitas pemuda pemudi di Desa Pragen, Kecamatan Pamotan untuk giat mengumpulkan sampah milik warga.

Hal tersebut sebagai upaya para pemuda desa setempat mengambil peran ikut berpartisipasi membangun desa dengan cara menjaga dan mengkampanyekan hidup bersih.

Sampah-sampah yang dipungut dari warga dikumpulkan ke bank sampah untuk dipilah kemudian dijual. Uang hasil penjualan akan kembali kepada pemilik sampah, berdasarkan hasil kesepakatan warga dengan desa pihak Pemerintah Desa.

Untuk sementara sampah yang dikumpulkan berupa sampah organik yang bernilai jual, seperti kardus, botol, seng, alumunium, besi, dan yang lainnya.

Halwiyah Sekretaris Bank Sampah Desa Pragen mengatakan, uang hasil penjualan sampah akan ditabung dan dapat diambil oleh pemilik sampah sesuai waktu yang telah disepakati.

Meski adanya pencanangan jaga jarak, para relawan tetap mengedepankan protokol kesehatan selama beraktivitas pengumpulan dan pemilahan sampah.

Ia menambahkan, sejak di bentuk para relawan bergerak secara sukarela tanpa bayaran, atau berharap imbalan.

"Kami tidak dibayar, tujuan kami adalah untuk membantu membangun desa, sudah selayaknya generasi muda ikut andil serta dalam kemajuan desa, sudah tidak saatnya hanya menjadi penonton, kini saatnya kita ikut berperan. Tapi banyak sekali para dermawan yang ketika kita kegiatan keliling pengambilan sampah sering kali banyak yang memberi suguhan makanan dan minuman untuk kami," jelasnya

Para relawan bersama bank sampah dibentuk awal tahun 2020 oleh segenap elemen desa setempat. Tekad dan komitmen Desa Pragen untuk membuat lingkungan bersih sangat diapresiasi warga desa.( Asmui/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8854748348684260632

Post a comment

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::