Posko Terpadu Penanganan Covid-19 Di Perbatasan Dinonaktifkan

-- --
REMBANG - Aktivitas di posko terpadu penanganan Covid-19 di perbatasan sudah dinonaktifkan sejak 2 Juni Kemarin. Sehingga tak ada lagi penyegatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di pintu masuk perbatasan Rembang.

Humas Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Rembang Arief Dwi Sulistya mengatakan, setelah melaksanakan evaluasi terhadap penanganan Covid-19, per tanggal 2 Juni kemarin posko-posko yang diperbatasan dihentikan. Selanjutnya, pemeriksaan para pelaku perjalanan langsung dilaksanakan petugas survei puskesmas dan pemerintah desa (pemdes) setempat.

Langkah ini diambil, kata Arief, lantaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Rembang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Rembang akan lebih fokus penanganan di desa. Yang nantinya dilakukan oleh petugas survei di puskesmas yang bekerja sama dengan pemerintah desa.

Selain itu juga adanya new normal. Sehingga pendelegasian wewenang pada petugas survei puskesmas dan pemerintah desa menjadi pertimbangan.

"Setelah melakukan evaluasi pada kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Rembang, per tanggal 2 Juni 2020 posko Covid-19 dari Kabupaten dihentikan. Karena gugus tugas melalui dinas kesehatan nanti konsentrasi penanganannya dipusatkan di desa, dilakukan oleh petugas survei puskesmas bekerjasama dengan pemerintah desa. Jadi untuk pemudik atau para pelaku perjalanan nantinya akan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk didata dan ditangani oleh petugas survei dari puskesmas," jelasnya.

Seperti yang diketahui, 4 posko yang berada di perbatasan Kabupaten Rembang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga dari luar kota yang hendak transit ke Rembang. Mereka diperiksa mulai dari suhu badan hingga dilakukan rapid test sebelum melanjutkan perjalanannya. (Rendi/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3999113090987628540

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::