Tinjau Pos Perbatasan, Kapolda Minta Polres Mulai Petakan Potensi Konflik

-- --
REMBANG - Kapolda Jawa Tengah Irjenpol Ahmad Luthfi bersama jajaran Petinggi Polda meninjau pos operasi ketupat candi di Kecamatan Sarang yang merupakan perbatasan Jawa Tengah- Jawa Timur, Selasa (26/5/2020) sore. Selain menginstuksikan pengetatan penyekatan karena potensi arus balik yang dilakukan jajarannya, Kapolda juga meminta Kapolres yang ada di eks Karisidenan Pati mulai memetakan potensi kerawanan.

Di hadapan sejumlah Kapolres yang hadir dan Bupati dan Wakil Bupati serta Dandim setempat, Kapolda menjelaskan ada beberapa kategori dalam klasifikasi kerawanan. Yang pertama adalah merah satu, yakni apabila pandemik sudah merebak, pihaknya meminta jajaran agar menyiapkan inventarisir Rumah sakit dan tenaga medis. Inventaris berapa jumlah kekuatan, rumah sakit, APD, hingga lokasi pemakaman.

Kemudian kategori merah dua apabila sudah muncul potensi rawan penjarahan lokal. Hal ini bisa diantisipasi dengan menjalin komunikasi bersama pihak penjual sembako.Selanjutnya, kategori merah tiga, maka dilakukan sispamkota.
Artinya jika kondisi sudah semakin parah, sehingga akan ada kerusuhan lintas daerah.

Dan terjadi ekspansi dari daerah. Karena adanya potensi bahan pangan di kabupaten tertentu. Sehingga pintu masuk wilayah dilakukan untuk menghalau masyarakat luar daerah.

"Mulai petakan potensi konflik di wilayah masing-masing," tuturnya.

Jajaran polres Rembang menegaskan terkait larangan mudik. Hingga kemarin, sudah ada lebih dari seribu kendaraan yang diputar balik. Kendaraan-kendaraan itu diputar balikkan dari pos-pos yang berada di empat titik perbatasan. Yakni pada area kecamatan Sarang, Sale, Bulu, dan Kaliori.

Kabbag OPS Polres Rembang Kompol Yohan Setiaji menyampaikan, terkait penyekatan perbatasan tersebut, ditekankan pada area Pantura Sarang-Kaliori, selain itu di kecamatan Bulu dan kecamatan Sale. Apabila ada yang berasal dari daerah pandemik, dan hendak ke Rembang, maka diminta putar balik.

" Yang masuk ke wilayah Rembang mayoritas kendaraan roda empat. Hingga kemarin ada 1.711 kendaraan yang putar balik. Kemudian untuk hari ini ada 10 kendaraan yang putar balik, dan dari arah timur ada 10, " tuturnya.

Dalam kesempatan itu selain berbincang dengan petugas di pos pemeriksaan, Kapolda juga menyerahkan bingkisan kepada para petugas yang telah melaksanakan tugas di pos oprasi ketupat candi sekaligus juga menjadi pos pemeriksaan terpadu covid-19 itu. (Mifta/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8467467116300805560

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::