Penyaluran Bansos Covid-19 Pemprov Jateng Gandeng BUMDes di Rembang

-- --
REMBANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah mulai melakukan penyaluran bantuan sosial bagi warga yang terdampak covid-19 di wilayah Kabupaten Rembang. Penyaluran dengan menggandeng 24 Badan Usaha Milik Desa atau (BUMDes).

Penyaluran secara simbolis dilounching oleh Bupati Rembang H Abdul Hafidz di balai Desa Terjan, Kecamatan Kragan, pada tanggal 27 Juni 2020 baru-baru ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Rembang Sulistyanto mengatakan, jumlah penerima bantuan di Kabupaten Rembang 10.960 kepala keluarga. Dengan nominal bantuan Rp 200 ribu setiap bulan dalam bentuk sembako, yang berlangsung selama tiga bulan. Yakni April, Mei, dan Juni.

Tugas BUMDes menurut Sulis, sebagai suplayer sembako bantuan untuk didistribusikan kepada penerima. Setiap unit usaha akan menangani penyaluran berdasarkan SK, dan pembagian wilayah yang sudah ditentukan oleh Pemprov Jateng.

“Dinsos dari provinsi membantu warga miskin yang terdampak corona, tetapi juga memberdayakan BUMDes yang ada di semua kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Pelaksanaan di lapangan, dari BUMDes yang kita laporkan ke provinsi 163 BUMDes. Setelah diseleksi dari kriteria BUMDes sudah maju diambil 24 unit usaha. Jadi kalau BUMDes yang baru berdiri tidak bisa dilibatkan.” Jelasnya.

Penyaluran tahap pertama ini merupakan distribusi bansos yang seharusnya disalurkan pada bulan April. Penyaluran agak sedikit terlanbat karena menghindari tumpang tindih karena banyaknya bantuan sosial dari berbagai sumber kementerian untuk warga yang terdampak covid-19.

Dalam kesempatan Bupati Rembang H Abdul Hafidz mengajak agar masyarakat sebih disiplin menerapkan protocol kesehatan. Karena kedisiplinan merupakan kunci keselamatan kesehatan bersama. (Asmui/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 1055248780200942000

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::